UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR -Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar acara buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Berkah Ilahi Rabbi.

Acara ini diadakan di Hotel Remcy, Sabtu, 8 April 2023. Dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Dr KH Mawardi Pewangi, yang juga memberikan pengajian, Dekan FEB Unismuh, Dr Andi Jam’an, serta banyak pejabat dan staf lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Andi Jam’an menyampaikan bahwa acara buka puasa bersama anak-anak panti asuhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dan perlu diadakan lebih sering.

“Untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kepekaan sosial di antara Civitas Akademika FEB Unismuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. KH Mawardi Pewangi memberikan pengajian tentang nilai-nilai kebaikan dalam Islam dengan mengutip Surah Al-Ma’un.

“Dalam Surah tersebut disebutkan bahwa seseorang yang baik adalah mereka yang menghormati anak yatim, memberi makan orang miskin, rajin beribadah, tidak sombong, dan senantiasa membantu sesama,” ungkapnya.

Pengajian tersebut juga menjelaskan tentang orientasi vertikal dan horizontal dalam bulan puasa.

“Orientasi vertikal berkaitan dengan hubungan manusia dengan Allah SWT melalui banyak beribadah dan berdoa, sementara orientasi horizontal berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama melalui banyak memberi bantuan dan menyumbang kepada orang lain,” katanya.

Dalam kesimpulannya, Dr. KH Mawardi Pewangi menyampaikan bahwa kebaikan bukanlah tentang menjadi orang terbaik.

“tetapi menjadi orang yang selalu berbuat baik kepada orang lain,” pungkasnya.

Acara buka puasa bersama anak-anak panti asuhan ini bukan hanya memberikan manfaat bagi anak-anak tersebut, tetapi juga membantu membangun hubungan yang lebih baik antara Civitas Akademika FEB Unismuh dan masyarakat sekitarnya.

Dalam kesempatan ini, Civitas Akademika FEB Unismuh juga membagikan parcel ramadan kepada anak panti asuhan Berkah Ilahi Rabbi.

Leave a Reply