UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Puluhan mahasiswa internasional asal Yala Rajabhat University Thailand mengikuti kuliah Bahasa dan budaya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Kegiatan dihelat di Mini Hall FKIP Unismuh, Jumat, 17 Februari 2023.

Empat dosen FKIP Unismuh tampil memberikan materi kuliah. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Dr Eka Prabawati Rum membawakan materi Intercultural Communication. Dosen Pendidikan Sosiologi Hadisaputra memaparkan materi Antropologi Sosial.

Dr Faisal yang merupakan dosen Pendidikan Seni Rupa menguraikan ulasan Antropologi Seni dan Budaya. Sementara materi tentang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing diulas Prof Munira

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib menyampaikan ucapan selamat dating kepada dosen dan mahasisswa asal Thailand tersebut. Ia berharap, kolaborasi bukan hanya dalam bentuk ‘Sit in Class’ melainkan juga kolaborasi internasional di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Saya pikir banyak hal yang bisa dikolaborasikan. Misalnya kajian perbandingan Bahasa Indonesia dan Thailand. Tadi saya coba cek di internet, ternyata banyak kosa kata yang sama antara Indonesia dan Thailand. Ini contoh tema menarik untuk diteliti lebih lanjut,” ujar Erwin.

Dalam pembukaan acara, Erwin menyerahkan cinderamata kepada Dosen Yala Rajabhat University, disaksikan Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama, dan Urusan Internasional Unismuh Maharida.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Makassar Academic  and Cultural Heritage (MACCA) 2023, yang merupakan kerja sama antara Unismuh Makassar dengan Yala Rajabhat University.

Mahasiswa Thailand selama di Makassar mengikuti beberapa rangkaian acara. Pertama, Cultural visit (kunjungan ke tempat historis Bugis-Makassar). Kedua, Sit-in Class. Ketiga, Invited guest lecture. Terakhir, belajar tarian adat, dan community development.

Leave a Reply