UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Makassar Academic and Cultural Heritage Activity (MACCA) 2023 yang digelar selama delapan hari secara secara maraton (offline) di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kemarin resmi ditutup oleh Pelaksana Harian Rektor Dr Ir Abdul Rakhim Nanda, Jumat 17 Februari 2023. Selanjutnya dilaksanakan selama 6 bulan secara online.

Turut Hadir dalam kegiatan penutupan tersebut yakni Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Dr Andi Sukri Syamsuri M Hum, Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, Para Dekan, Kepala Badan dan Lembaga, Kaprodi, Dosen dan 22 mahasiswa asing dari Ya’la Rajabat University-Thailand.

Kegiatan Penutupan tersebut digelar di Lantai 17 Gedung Menara Iqra Unismuh Makasar diawali dengan pengajian yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi MPd.

Dalam kesempatan tersebut, Maharida dari Lembaga Pengembangan Bahasa Kerjasama dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar sebagai salah satu PIC, menyampaikan bahwa MACCA yang digelar ini adalah gelombang pertama dan selanjutnya gelombang kedua yang akan digelar pada bulan Mei dan pendaftar kegiatan tersebut sudah membludak dari 4 Universitas di Malaysia, India dan Pakistan.

“Jadi, MACCA artinya SMART dalam Bahasa Inggris, kegiatan yang dilaksanakan secara delapan hari marathon ini dilakukan secara offline dan sesuai dengan instruksi dari pimpinan, kegiatan ini akan dilanjutkan secara online dan akan disiapkan dengan sangat detail terkait pelaporan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Maharida menjelaskan kegiatan ini dimulai pada Pukul 8 pagi hingga 9 malam dengan kegiatan Akademik dan belajar Budaya serta kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan para peserta ini sudah mencoba banyak sekali makanan dan kudapan khas orang Bugis dan Makassar.

“Selain itu para peserta juga sudah belajar bersama Tapak Suci, tari-tarian adat, dan juga sudah mencoba baju adat Bugis dan Makassar,” jelasnya.

Iapun menjelaskan, kegiatan Studium Generale, Invited Guest Lecturer, Benchmarking, Sit-In dan diskusi kerja sama dilakukan di FKIK, Fakultas Teknik, Faperta, FEBIS, FISIP, FKIP dan Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar.

“ Untuk Batch II Akan dibuka pada bulan Mei 2023, sudah ada limapuluh pendaftar,”pungkasnya.

Leave a Reply