UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pengembangan Kreatifitas dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah mengadakan sosialisasi Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung melalui Zoom meeting dan disiarkan langsung di kanal YouTube Kemahasiswaan Unismuh Makassar pada Senin, 29 Januari 2024.

Kegiatan Sosialisasi tersebut menghadirkan empat narasumber dengan tema yang berbeda, Narasumber pertama yakni Fatimah Sari Siregar SPd MHum dengan materi Panduan Umum Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Riset Sosial Humaniora (RSH) PKM Program Kreativitas Mahasiswa Video Gagasan Konstruktif (VGK), dan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM K), dilanjukan dengan narasumber kedua yakni Ir Ahmad Kholid Alghofari MT IPM dengan pembahasan materi PKM Riset Eksakta (RE), Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM KC), dan Karya Inovatif (PKM KI).

Selanjutnya pemateri ketiga yakni Nur Rifai Akhsan, SPd MEd dengan materi yang dibawakan terkait dengan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM PM), Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM AI), Gagasan Futuristik Tertulis (GFT) serta pemateri ke empat yakni DrAndi Muhammad Irfan Asfar, MT, MPd dengan pembahsan materi Strategi Dosen Pembimbing.

Sosialisasi dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, dengan sambutan awal dari Ketua LPKA Unismuh Makassar, Dr Ir Nenny ST MT IPM.

Dr Ir Nenny ST MT IPM, Ketua LPKA, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengikuti PKM. Beliau juga mengharapkan peran aktif dosen pembimbing untuk membantu mahasiswa mengembangkan proposal PKM yang berkualitas dan berpotensi lolos pendanaan, termasuk Pimnas, ajang prestisius bagi perguruan tinggi.

Lebih lanjut, diketahui bahwa Unismuh Makassar berhasil meloloskan 33 proposal tahun lalu, dan tahun ini menargetkan peningkatan, dengan kuota bimbingan sebanyak 120 proposal.

Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse, dalam sambutannya, menyoroti pentingnya komitmen, kesabaran, dan keikhlasan dalam meraih sukses dan prestasi. Beliau juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas diri dan prestasi mahasiswa untuk memenuhi standar kementerian dan menjaga akreditasi program studi yang sudah mencapai tingkat unggul.

Acara ini diakhiri dengan apresiasi dari Prof Ambo Asse kepada LPKA atas dedikasinya dalam mengelola dan meningkatkan prestasi mahasiswa Unismuh Makassar.

Leave a Reply