UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar sosialisasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sosialisasi dihelat Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Lantai 8 Gedung Iqra, kampus Unismuh Makassar, Jumat, 4 Agustus 2023.

Pada tahun akademik 2023/2024, Unismuh akan menggelar sistem pembelajaran daring penuh bagi semester 1 dan 2. Sistem tersebut akan mengkombinasikan tatap muka virtual dan belajar mandiri melalui LMS SPADA Unismuh Makassar.

Sementara itu, pembelajaran bagi mahasiswa semester III ke atas akan dilakukan secara konvensional. Meski berlangsung tatap muka di kelas, dosen tetap diharapkan memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri pada SPADA Unismuh Makassar.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menekankan pentingnya meningkatkan kualitas modul bahan ajar, dengan meminimalisir perbedaan antara pembelajaran langsung dan mandiri. Sumber belajar perlu dilengkapi dengan video rekaman dosen atau penambahan link yang terkait materi ajar.

Wakil Rektor I, Dr. Abd Rakhim Nanda, meminta program studi melaksanakan workshop atau FGD dalam menyusun modul bahan ajar. Luaran modul ajar harus memiliki karakteristik sebagai modul digital dan siap diunggah di LMS SPADA Unismuh Makassar. Unismuh Makassar menyediakan dana pendamping bagi program studi yang melaksanakan kegiatan ini.

LP2AI Unismuh Makassar, yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem ini, sudah merancang prosedur dan luaran kegiatan. Proses ini mencakup sosialisasi, workshop penyusunan bahan ajar, assembling modul pada LMS, kurasi bahan ajar hasil assembling, serta bimbingan teknis pada dosen pengampu pada semester ganjil mendatang.

Para peserta dalam kegiatan ini terdiri dari para Wakil Dekan I dan Ketua Prodi dalam lingkup Unismuh Makassar.

Leave a Reply