UNISMUH.AC.ID, SINGAPURA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar menggelar program Kuliah Kerja Profesi (KKP) Internasional selama lima hari di Singapura belum lama ini.

Dalam kegiatan Internasionalisasi ini diikuti 25 mahasiswa dan 10 dosen dipimpin. Rombongan ini dipimpin Wakil Dekan I FEB Unismuh, Agusdiwana Suarni, SE.,M.Acc.

Agusdiwana Suarni mengatakan, kegiatan internasional para mahasiswa akan mendapatkan kesempatan dalam memperkaya pengalaman dan wawasan mereka dalam skala internasional.

Salah satu momen paling berkesan dalam kunjungan ini adalah ketika para mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi Masjid Sultan.

Dikatakan, Masjid Sultan adalah masjid pertama yang dibangun di negara Singapura.

Masjid ini, sebut Agusdiwana memiliki sejarah yang panjang dan penuh tantangan yakni dibangun pada masa penjajahan sekitar tahun 1842 oleh Sultan Hussain Shah.

Masjid ini dibangun dengan kesepakatan perjanjian pembangunan bersama pihak British East India Company.

Tak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, kompleks Masjid Sultan juga menawarkan keindahan arsitektur dengan berbagai ornamen bangunan yang merepresentasikan peninggalan zaman terdahulu.

Desain bangunan tampak depan mencerminkan kokohnya sejarah Kampong Glam, Distrik Rochor, Singapura.

Dikatakan Agusdiwana, program KKP Internasional ini sangat positif karena memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam memahami dunia luar dan membentuk jaringan internasional yang luas.

Dikatakan, dengan kunjungan internasionalisasi ini mahasiswa dapat menimbah ilmu dan wawasan dari berbagai destinasi, termasuk dalam kunjungan bersejarah ke Masjid Sultan di Singapura.

Para mahasiswa melalui program Internasionalisasi ini, dapat lebih mengembangkan diri, memperluas cakrawala pengetahuan, dan mengeksplorasi potensi diri dalam menghadapi tantangan global.

Kegiatan ini lanjut Agusdiwana telah menjadi bukti komitmen Unismuh dalam memberikan pendidikan berstandar internasional kepada para mahasiswanya, dengan membekali keterampilan dan perspektif global.

Selama lima hari program KKP Internasional tersebut para mahasiswa dan dosen FEB Unismuh Makassar mengikuti berbagai kegiatan seperti menghadiri seminar dan diskusi dengan para pakar industri, mengunjungi perusahaan multinasional, serta berinteraksi dengan mahasiswa dari universitas lain di Singapura.

Tentang kunjungan ke Masjid Sultan di Kampong Glam juga menjadi pengalaman spiritual yang menginspirasi bagi para mahasiswa, sebutnya.

Dari kunjungan ini mahasiswa bisa melihat nilai-nilai toleransi, keragaman budaya, dan persatuan yang tercermin dalam arsitektur dan sejarah masjid tersebut.

Keindahan bangunan dan ornamen-ornamennya juga memberikan kesan mendalam tentang warisan budaya dan seni rupa dari zaman terdahulu.

Leave a Reply