UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa KKP Angkatan XXVI Fisip Unismuh Makassar 2023, bekerja sama dengan portal online Media Sulsel.com, menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar pada Jumat, 4 Agustus 2023. Pelatihan berlangsung di sekolah yang berada di area kampus Unismuh.

Narasumber pelatihan adalah mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat dan dosen ilmu komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Yahya, M.Si. Dia menekankan pentingnya wawasan yang luas, penguasaan diksi yang baik, dan penggunaan ekonomi kata dalam menulis.

“Wawasan yang luas akan dicapai kalau seseorang punya hobby membaca buku, jurnal, majalah, dan surat kabar cetak serta online,” katanya.

Menurut Dr. Muhammad, menulis itu ibarat berenang; tanpa praktek, seseorang tidak akan mampu menulis atau berenang. Salah seorang peserta pelatihan, Nabila Aqifa Irfan, menilai bahwa pelatihan ini membuatnya tertarik untuk terjun ke dunia jurnalistik.

Dosen Pembimbing KKP Angkatan XXVI Fisip Unismuh Makassar, Arni, S.Kom, M.I.Kom, mengatakan pelatihan ini akan memberi pengetahuan dasar tentang menulis dan profesi jurnalis. Pelatihan ini juga bertujuan untuk membikin majalah dinding dengan tema yang telah disepakati.

Mahasiswa peserta KKP, Rani Angraini dan Muhammad Fiqriansyah Tahir, aktif dalam pelatihan. Selama kegiatan berlangsung, siswa didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Kurikulum dan Humas, Fatmawati Hasyim, S.Pd, M.Pd.

Laporan: Tsabita Azizah Ali, Siswi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

Leave a Reply