UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim PKM Prodi Pendidikan Agama Islam berhasil lolos pendanaan dari Kemendikbudristekdikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mereka berhasil melaju pada bidang PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora) dengan proposal berjudul “Maccera Tappareng sebagai Upaya Mitigasi Bencana Banjir Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif Teologi Bencana”.

Tim tersebut dipimpin oleh Fathul Janna sebagai ketua tim, dengan Irmawati dan Siti Aulia Sahdani sebagai anggota tim di bawah bimbingan langsung dari dosen pembimbing, Nurhidaya M.

Gagasan penelitian tim ini muncul berdasarkan temuan bahwa Indonesia rawan terhadap bencana banjir. Tim PKM meneliti daerah kelurahan Paduppa, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, yang rentan terkena banjir. Mereka tertarik untuk mempelajari tradisi setempat yang diyakini sebagai upaya mitigasi bencana dan tolak bala oleh masyarakat.

Dengan lolosnya tim PKM ini, Dosen Pembimbing yang juga Kaprodi Pendidikan Agama Islam FAI Unismuh Nurhidaya berharap agar tim tersebut dapat melaju dan berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

“Partisipasi dalam PKM memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, seperti mengembangkan kemampuan penelitian, analisis, kerja tim, dan kepemimpinan,” ungkap Nurhidaya, di Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 22 Juni 2023.

Keberhasilan tim PKM ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terlibat dalam kegiatan riset dan inovasi. Dukungan dari pihak universitas dan dosen pembimbing, juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan mereka.

Secara keseluruhan, prestasi tim PKM Prodi Pendidikan Agama Islam adalah hasil dari dedikasi dan komitmen mereka dalam mengembangkan riset yang berdampak positif bagi masyarakat.

Leave a Reply