UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar kegiatan pelatihan mubaligh hijrah.

Kegiatan ini dihelat di Balai Sidang lantai 2, Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK), Unismuh Makassar, Sabtu, 4 Februari 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan guna dalam menyambut bulan suci ramadhan yakni mubaligh hijrah.

Dimana pada kegiatan tersebut Unismuh Makassar mengirim para mubaligh dan mubalighod ke daerah sebagai muballigh di berbagai desa atau perkampungan serta berbagai panti asuhan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 227 orang, yang terbagi dari 123 orang laki laki-laki, dan 95 orang perempuan.

Selain dari pihak unismuh sendiri, pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara turut mengirin santrinya sebanyak 40 orang dalam mengikuti kegiatan universitas.

Tugas muballigh memiliki peranan ganda, yakni selain menjadi da’i ada juga sebagai imam dan siar dakwah di berbagai mesjid.

Ada juga beberapa mubaligh bertugas sebagai pembina di berbagai amal usaha, seperti panti asuhan, dan pesantren di berbagai daerah.

Wakil Rektor I Dr Rakhim Nanda
membuka kegiatan pelatihan muballigh hijrah tersebut.

Dalam membawa sambutannya Rakhim Nanda mengutip Surah Al Madinah ayat 67 yang menyebutkan perintah Allah SWT yang dimana dalam surah disebutkan pentingnya menyampaikan amanah kepada manusia menyampaikan risalah kemanusian dalam menyebarkan agama islam.

“Pentingnya pelatihan ini jelas untuk memperkuat pengetahuan mubaligh tentang dakwah muhammadiyah serta menjadi bekal dilapangan dalam menyiarkan ajaran islam itu sendiri,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga termasuk sebagai bahan untuk mempromosikan Unismuh Makassar sebagai kampus terkemuka.

Ketua Lembaga Pengkajian, Pengembangan, dan Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) Ust Shamhi Muawan Djamal, dalam hal ini menekankan pentingnya berdakwah atas perintah Nabi Muhammad SAW.

“Pentingnya menyebarkan siar islam secara luas hal ini pula yg melandasi universitas membuat program tersebut,” ujarnya.

Shamhi juga mengharapkan pula para mubaligh dan mubalighod menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh bagaimana semangat dan spirit beliau dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Dekan Fakultas Agama Islam Dr Amirah Mawardi, berpesan kepada para mubaligh dan mubalighod untuk senantiasa menjaga nama baik universitas.

“Kalian harus menjaga nama baik fakultas dan lembaga, serta turut mempromosikan Unismuh Makassar sebagai kampus yg unggul,” ucap Amirah.

Leave a Reply