UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim PKM RisetMU Batch VI Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Business Model Canvas (BMC), Jumát 27 Januari 2023.

Kegiatan BMC yang digelar oleh Tim PKM Riset MU Batch VI Unismuh Makassar yang didanai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah digelar di Aula MadrasahAliyah Muhammadiyah Bantaeng dan diikuti sebanyak 38 siswa.

Kegiatan PKM tersebut diketuai oleh Dr Reni Fatmasari Syafruddin SP MSi dan Dr Andi Chadijah SP MSi.

Dr Reni Fatmasari selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa Perencanaan bisnis (business plan) merupakan aktivitas atau kegiatan penting yang harus disiapkan sebelum memulai sebuah usaha. Hal tersebut yang melatarbelakangi digelarnya kegiatan tersebut.

“BMC adalah sebuah model yang penting bagi star up atau wirausaha baru karena sudah mencakup elemen penting dalam sebuah bisnis,” ungkapnya.

Dr Reni menambahkan bahwa BMC bertujuan supaya para star up dapat mempersingkat waktu perencanaan, sekaligus lebih fokus, terstruktur dan mengurangi resiko gagal, kegiatan pelatihan BMC tersebut berjalan lancar dilihat dari antusias dan keaktifan seluruh peserta workshop.

“Tim PKM juga melakukan pendampingan langsung kepada peserta dalam menyusun rencna bisnis menggunakan BMC, agar kedepannya MA Muhammadiyah Bantaeng bisa menjadi pilot project bagi sekolah lain dalam pengaplikasian BMC,” tambahnya.

Tim PKM juga berharap agar kegiatan pelatihan tersebut banyak memberikan manfaat khususnya para siswa dalam membangun dan menyusun ide bisnisnya menjadi sebuah rencana bisnis.

Leave a Reply