UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien (Pesmadina) Unismuh Makassar di perayaan miladnya yang ke-2, ingin mewujudkan Pesmadina menjadi pusat pembinaan dan penguatan kader berkeunggulan, Selasa 1 Februari 2023.

Tujuan ini sesuai dengan tema milad ke-2, Pesmadina ‘yakni Penguatan Potensi Kader Wujudkan Pesmadina sebagai Center of Excellence’.
Perayaan resepsi milad ke-2 Unismuh Makassar dihelat di Pelataran Pesmadina, Rabu 1 Februari 2023.

Hadir Wakil Rektor IV, Dr KH Mawardi Pewangi MPdI sekaligus mewakili rektor juga adalah Koordinator Pesmadina Unismuh, Wakil Dekan IV FKIP Drs Samsuriadi P Salenda, Direktur Ma’had Al Birr, Lukman Abdul Samad Lc, Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Dr Abbas Baco Miro Lc MA dan Ketua Konsorsium Pesmadina, Sitti Chaerani Djaya SSos MPd, dan Sumarni Susilawati Ketua PW NA Sulsel.

Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PWM, Dr KH Abbas Baco Miro, yang membawakan pengajian, mengajak kepada seluruh mahasiswa binaan Pesmadina untuk selalu berfastabiqul khairat, yakni berlomba-lomba dalam kebaikan sesuai dengan tuntunan agama dan yang diperintahkan Allah SWT.

Dikatakan, filosopi kader yang berkeunggulan sebagaimana yang diharapkan selalu optimis dalam setiap keadaan, rendah hati, dan bahkan mampu memenej kekurangannya seperti mampu menguatkan dirinya saat dia merasa bosan.

“Seorang kader memiliki jiwa spiritual yang kuat, mampu menjaga sikap dan kesabarannya. Mereka yang berjiwa spritual kuat selalu mau menyempurnakan sesuatu yang ada sekalipun dirinya sendiri belum sempurna,” Ungkapnya.

Sebelum sambutan rektor, sepatah kata dari Ketua Konsorsium Pesmadina Unismuh, Sitti Chaerani Djaya MPd mengucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan universitas, para pembina, para ustadz dan seluruh tim konsorsium atas perhatiannya.

“Sehingga, kegiatan resepsi Milad Ke-2 Pesmadina Unismuh dapat terselenggara dengan baik. Wakil Ketua Aslama PTMA ini juga merasa optimis dengan bergabungnya beberapa ustadz didalam pembinaan, Pesmadina bisa menjadi Center of Excellence,” ungkapnya.

Dia juga berharap untuk pembinaan Pesmadina yang lebih baik kedepan tetap berharap mendapatkan masukan dari berbagai pihak khusus pimpinan.

Dia juga menyebutkan berbagai lomba dilaksanakan menyambut milad ke-2 Pesmadina,diantaranya lomba kalografi, lomba nasyid, lomba esai, lomba ceramah, lomba tenis meja, lomba daily story dan lomba kebersihan kamar putra dan putri.Wakil Rektor IV Dr KH Mawardi Pewangi dalam sambutannya mengatakan sekarang ini bukan lagi Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien, tetapi pesantren mahasiswa menuju Madina.

“Dengan harapan bahwa kader Pesmamdina Unismuh sebagai Center of Excellence dapat mengantar mahasiswa lebih banyak lagi sampai ke Madina. Sekarang ini sudah ada mahasiswa binaan Pesmadina yang lolos ke Madina, dan berharap kedepan lebih banyak lagi yang bisa tembus Madina,” harapnya.

Mawardi Pewangi berharap tim konsorsium Pesmadina dapat mempersiapkan lebih banyak mahasiswa bisa menuju ke Madina.

“Sekarang ini negara Timur Tengah membutuhkam banyak tenaga kerja khususnya tenaga kesehatan,” ujarnya.

Menyinggumg tentang agama, dikatakan agama tidak sekadar diyakini tetapi diamalkan, dipraktekkan dan ini belum cukup menjadi karakter. Mawardi mencontohkan kita pahami salat, kita amalkan tapi belum menjadi karakter karena belum disiplin waktu, belum disiplin dalam beraktivitas seperti waktu salat, ambil air wudhu semua itu ada ketentuannya, ujar Mawardi.

“Berharap pengembangan nilai-nilai ke Islaman dapat menjadi karakter pembinaan di pesantren,” tandasnya.

Sementara Ketua Umum Aslama PTMA, Dr Irwan Baadillah, M.Pd, dalam sambutan virtualnya mengucapkan selamat milad ke-2 Pesmadina Unismuh Makassar dan juga pencapaian gelar doktor, Dr KH Mawardi Pewangi.

Irwan Baadillah mengatakan, tidak terasa sudah dua tahun berjalan proses perubahan menjadi Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien yang terus meningkat dan berkembang menjadi salah satu pesantren yang tergabung dalam Aslama PTMA telah telah menjadi model dan contoh pengelolaan pesantren mahasiswa di PTMA.

“Tidak terasa sudah dua tahun berjalan proses perubahan menjadi Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien yang terus meningkat dan berkembang menjadi salah satu pesantren yang tergabung dalam Aslama PTMA telah menjadi model dan contoh pengelolaan pesantren mahasiswa di PTMA,” ungkapnya.

Diakui cukup banyak prestasi yang dicapai Pesmadina Unismuh Makassar dan mudah-mudahan di milad ke-2 ini prestasi yang dicapai semakin meningkat.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply