UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar peluncuran penerimaan mahasiswa baru Ma’had Al-Birr Tahun Ajaran 2023-2024. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui zoom meeting, Sabtu, 28 Januari 2023.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, dalam sambutannya mengatakan bahwa peluncuran penerimaan mahasiswa baru di Ma’had Al-Birr telah dibuka secara resmi.

“Alhamdulillah kita bersykur pada hari ini kita mengadakan penerimaan mahasiswa baru Ma’had Al-Birr, dan seperti yang kita ketahui bahwa Ma’had Al-Birr merupakan bagian penting dari Unismuh Makassar,” ujarnya.

Prof Ambo juga mengatakan harapannya bahwa Ma’had Al-Birr bisa semakin berkembang dan makin banyak dikenal oleh masyarakat.

“Saya berharap alumni yang telah mengikuti Ma’had Al-Birr dapat mensosialisasikan, menyebarkan informasi, dan mudah-mudahan dengan peluncuran penerimaan mahasiswa baru ini mendapatkan respon yang positif kepada masyarakat,” ungkap Prof Ambo.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Dr Amirah Mawardi menyebutkan ada tiga program studi (Prodi) yang terintegritas di Ma’had Al-Birr.

“Sudah ada tiga prodi yang terintegritas di dalam ma’had Al-Birr yakni, prodi Al Ahwal Al Syakhsiyah (Hukum keluarga), Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, dan Pendidikan Bahasa Arab,” paparnya.

Mudir Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar KH Lukman Abd Shamad Lc memaparkan profil Ma’had. “Ma’had Al-Birr merupakan lembaga studi bahasa arab dan studi islam yang terletak di Kampus Unismuh Makassar yang sudah berdiri sejak tahun 1996,” ujarnya.

Tujuan didirikan Ma’had Al-Birr adalah melahirkan kader-kader ulama yang mampu menguasai bahasa arab dalam bidang ilmu syariah, berwawasan luas, dan berakhlak mulia.

Lukman Abd Shamad juga mengatakan bahwa, Ma’had memiliki pusat keunggulan, yang tentu menjadi kesempatan emas, yakni seperti pembelajaran bahasa arab, tinggal di pondok asrama, pembentukan karakter, fasilitas beasiswa maupun subsidi pendidikan, dan belajar budaya dan kultur Ma’had Al-Birr.

“Keunggulan Ma’had seperti tinggal di asrama, yang dimana akan diajarkan keterapilan baik seperti pidato, khutbah, dan lain sebagainya. Disana juga mahasiswa dapat pembinaan karakter serta membangun jiwa kepemimpinana, dan juga meningkatkan ketrampilan-keterampilan,” pungkas Mudir Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

Ia juga dengan tegas mengatakan bahwa mahasiswa di Ma’had Al-Birr saat ini merupakan garda tedepan, dan juga berharap kedepan dapat bersama-sama membesarkan Ma’had Al-Birr.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Mudir Ma’had Al-Birr Dr Muhammad Ali Bakri, Ketua PMB Ma’had Al-Birr Muktashim Billah, mahasiswa Ma’had Al-Birr, serta alumni Ma’had AL-Birr Unismuh Makassar.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan testimony alumni Ma,had Al-Birr Unismuh Makassar, testimony Direktur pesantren Muhammadiyah Sulawesi Selatan, dan pemutaran hasil lomba video profil Ma,had Al-Birr Unismuh Makassar.

Leave a Reply