UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dua mahasiswa Prodi S3 Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Seminar Proposal Disertasi. Kedua mahasiswa itu yakni Muhammad Amin dan Zainal Muttaqin.

Seminar proposal tersebut pertama kali digelar sejak prodi ini menerima pengakuan akreditasi BAIK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Perhelatan akademik tersebut digelar di Ruang Rapat Senat Unismuh, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin, 26 September 2022.

Muhammad Amin, Mahasiswa S3 PAI Unismuh yang diberi kesempatan pertama memaparkan proposal disertasi mengangkat judul “Implementasi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.”

Wakil Dekan IV FISIP Unismuh ini mendapatkan masukan dari Dewan Penguji yang dipimpin Prof Ambo Asse, sementara anggota tim penguji terdiri dari Prof Bahaking Rama, Dr Dahlan Lamabawa, Dr Darwis Muhdina, dan Dr Rahim Razak.

Sementara itu, Zaenal Muttaqin, mengangkat judul Pendidikan Islam dan Kerukunan Umat Beragama (Oprimalisasi Peran Tongkonan dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama di Tana Toraja).

Zaenal Muttaqin merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, sekaligus Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah di sana.

Ia diuji oleh Dewan Penguji yang dipimpin Prof Nasir Mahmud. Penguji lainnya yakni Dr Mustari Bosra, Dr Azis Muslimin, Dr Darwis Muhdina, dan Dr Rahim Razak.

Dalam pengantarnya Prof Bahaking Rama, yang merupakan Ketua Prodi S3 PAI Unismuh mengungkapkan, sejak ditunjuk menjadi Kaprodi, ia mulai proaktif menghubungi mahasiswa agar segera menyiapkan proposal disertasi.

“Dari 31 mahasiswa, 16 orang dari Angkatan pertama, dan 15 dari Angkatan kedua, Alhamdulillah sudah ada 21 mahasiswa yang sudah siap ujian proposal,” ungkapnya.

Bahaking berpesan, agar mahasiswa S3 yang ada di Unismuh, proaktif mempromosikan S3 PAI Unismuh. Apalagi prodi tersebut sudah terakreditasi BAN PT dan sebentar lagi sudah memiliki alumni. “Jangan ragu memilih Program Doktor PAI Unismuh,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Penguji, menargetkan agar mahasiswa yang telah selesai seminar proposal, bisa segera merampungkan proposalnya sebelum akhir tahun 2022.

Seminar ini dihadiri para mahasiswa S3 PAI Unismuh, antara lain Drs KH Mawardi Pewangi MPdI yang juga Wakil Rektor IV Unismuh, dan Drs Arfah Bas’ha MPdI yang menjabat Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sistem Informasi (BAAKSI) Unismuh Makassar. Turut hadir, Kaprodi S2 Pendidikan Islam Unismuh Dr M Rusli Malli MPdI

(Humas Unismuh)

Leave a Reply