UNISMUH.AC.ID, PURWOKERTO – Sebanyak 23 Orang Mahasiswa dari Empat Fakultas di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tahun 2022 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mereka diterima secara resmi oleh Wakil Rektor I UMP Ir Aman Suyadi MP, di Kampus UMP, Senin 26 September 2022.

Mahasiswa Unismuh diantar Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Dr Muhammad Akhir.

Menurut Muhammad Akhir, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sekaligus pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor Unismuh dan UMP beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan pengantarnya, Wakil Dekan III FKIP Unismuh Makassar ini menyampaikan apresiasi atas dukungan Pimpinan UMP dalam menyambut dan menerima mahasiswa Unismuh untuk bertukar pengalaman, dan belajar di sana.

Akhir berharap, mahasiswa yang ikut kegiatan ini, dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial, tidak hanya di kampus sendiri, melainkan juga di kampus lain. “Kegiatan ini juga dapat menambah wawasan bagi para mahasiswa dan tentunya juga saling mengenal budaya di kampus lain,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP, Ir Aman Suyadi MP, menyampaikan terima kasih, atas pilihan mahasiswa Unismuh memilih kampusnya.

“Terima kasih kepada Unismuh Makassar atas kepercayaaanya memilih UMP untuk pelaksanaan program ini. Kami berharap kerja sama ini bisa berlanjut untuk program-program lainnya,” ungkapnya.

Tingginya apresiasi Pimpinan UMP juga ditunjukkan dengan kehadiran Pimpinan Fakultas dan Prodi dalam menyambut mahasiswa Unismuh Makassar.

Wakil Rektor I UMP langsung menginstruksikan Pimpinan Prodi memberikan pelayanan prima kepada para mahasiswa yang ditempatkan di prodi masing-masing.

Data Sebaran Mahasiswa Unismuh

Ia menambahkan, sebaran 23 orang mahasiswa tersebut, sebagai berikut, enam mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP), terdiri dari 2 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (St Ahyani Syarahiyah dan Yulianti Adelina), dan 2 orang dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Nabila Indana dan Azwa Alif Alisa).

Selain itu, ada dua orang dari Fakultas Pertanian Unismuh, yakni Fatimah Az Zahra dan Saripa. Keduanya berasal dari Prodi Agroteknologi .

Pertukaran mahasiswa ini juga diikuti delapan orang mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Teknik Elektro Unismuh. Mereka adalah Ihya, Salsa Lutfih Ramadhani, Andi Muh Faiz Ramadhan, Muh Pajrul, Al Qadri Kannang, Rahmat, Aidillah serta Muhammad Rezki.

Sementara dari Fakultas Agama Islam (FAI), mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ikut yakni Fiq Fahimah Alfaiqah.

Selain mengantar peserta Pertukaran Mahasiswa, Wakil Dekan III FKIP Unismuh Dr Muhammad Akhir juga menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Wakil Dekan I FKIP UMP Dr Saefurrohman.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply