UNISMUH.AC.ID, Bone – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhamadiyah (Unismuh) Makassar memberikan sosialisasi tentang Akreditasi Program Studi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 14 Maret 2022 di Kampus Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone.

Erwin Akib PhD diundang khusus memberikan sosialisasi dan pencerahan terkait Lembaga akreditasi mandiri pendidikan yang saat ini sedang hangat dibicarakan. 

Sebagai perwakilan pengurus Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (ALPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) wilayah Indonesia timur, Erwin Akib memaparkan materi utama dan strategi menyambut Lembaga Akreditasi baru tersebut yang baru saja disahkan oleh Pemerintah. 

Menurutnya, LPTK PTM baiknya mulai memahami dan menyiapkan sistem model Akreditasi berbasis LAMDIK saat ini. 

“Poin utama dalam strategi persiapan tersebut adalah mengedepankan pola kerja kolaboratif dan menjaga solidaritas dalam menyiapkan bahan atau dokumen akreditasi,” ungkapnya. 

 Ditambahkan lagi, Perguruan tinggi Muhammadiyah di daerah harus optimis dan percaya diri dalam mengembangkan perguruan tinggi masing-masing. 

“Akreditasi program perlu didukung penuh oleh pimpinan Universitas baik dalam bentuk anggaran dan juga dukungan sumber daya manusia,” tambahnya. 

Tanpa itu, mustahil untuk dapat mencapai akreditasi yang maksimal. Erwin Akib meminta komitmen pimpinan UNIM Bone untuk menyiapkan program studinya segera melakukan aksi tanpa ragu. 

“Bukan berarti perguruan tinggi di daerah mesti menunggu PTM di kota berhasil lebih dulu, tapi mengapa tidak PTM di daerah dapat menjadi percontohan PTM kota bahkan nasional,” pungkasnya. 

(Humas Unismuh)

Leave a Reply