Citizen Reporter
Laporan: Isa Angraini Mahasiswa KPI FAI Unismuh Makasaar Angkatan 2017,
Melaporkan dari Maros.

MAKASSAR. Sejak keluar surat edaran Rektor Unismuh Makassar Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, S.E., M. M pada 16 Maret 202O untuk meniadakan perkuliahan di dalam kelas fisik dan dialihkan kuliah pada kelas digital dengan menggunakan aplikasi SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan).

Edaran itu berlaku 16-28 Maret 2020, terkait kewaspadaan civitas akademika kampus atas penyebaran virus Corona.

Maka kami di Prodi S1 Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) Unismuh Makassar menjalani perkuliahan menggunakan aplikasi SPADA.

Seperti pada perkuliahan Senin 23 Maret 2020 jam 13.30-15.00, mata kuliah Manajemen Media Massa dengan dosen Dr.Muhammad Yahya Mustafa, M.Si, media pembelajaran yang dipakai adalah media digital berupa, Zoom, Google Classroom dan WA.

Pembelajaran digital ini diikuti 17 mahasiswa beberapa orang berada di luar Kota Makassar. Proses perkuliahan digital kurang lebih sama dengan suasana pembelajaran di dalam kelas secara fisik.

Para dosen dan mahasiswa di Unismuh Makassar termasuk di KPI FAI menggunakan aplikasi digital untuk pembelajaran dan mendapat respon dari para mahasiswa.

Pola pembelajaran daring ini, juga
memudahkan mahasiswa karena kelas itu seakan di genggam oleh para mahasiswa, menggunakan HP android dan ini juga ciri khas anak-anak milenial yang tidak lepas dari aplikasi digital.

Pola pembelajaran ini boleh dikatakan efisien dan efektif karena bisa langsung berkomunikasi dengan mahasiswa menggunakan sistem audio visual.

Hambatan sebagian mahasiswa dalam beberapa kali pertemuan, karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki HP para Mahasiswa.

Ada sebagian mahasiswa yang belum
memiliki HP android standar sehingga agak sulit mengakses aplikasi program dipakai dalam
media pembelajaran digital itu.

Hambatan lain didapati dalam media pembelajaran digital ketika para mahasiswa pulang kampung dan kebetulan di kampungnya susah mengakses internet sehingga sulit untuk berinteraksi.

Pola pembelajaran ini bisa membantu para mahasiswa dan dosen untuk mengantisipasi ketika
kebijakan peniadaan pembelajaran dalam kelas fisik.

Gusmita Sari salah seorang mahasiswa KPI FAI Unismuh Makassar, merespon pola pembelajaran digital dengan mengatakan, sejak belajar
di rumah, tugasnya melebihi seperti biasa, saya kira kuliah online lebih mudah daripada kuliah dikelas,tapi tidak seindah yang saya bayangkan selama ini, katanya.

Tetapi ada juga bagusnya kuliah online kelas digital karena mengurangi ongkos transpor pulang pergi ke kampus

Tapi saya rasa lebih baik
kuliah di kelas karena tugas lebih banyak di kuliah online. Selain tugas
banyak, terkadang juga terkendala oleh jaringan, apalagi tipe hp tidak semuanya sama, tandasnya.

Saya berharap semoga kuliah online cepat berakhir, tuturnya.

Saat ini Prodi S1 KPI FAI Unismuh Makassar dipimpin Ketua Prodi, Dr H Abbas Baco Miro Lc, MA dengan Sekretaris Jurusan, Abdul Fattah, S.Th.I, M.Th.I.

By admin

Leave a Reply