Citizen Reporter
Laporan : Hawayni
Mahasiswa Semester VI KPI FAI Unismuh Makassar melaporkan dari Makassar

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) Unismuh Makassar, Senin 23 Maret 2020 menggunakan kuliah pada kelas digital dengan teknologi aplikasi Zoom Cloud Meetings,ClassRoom dan Grup WhatsApp.

Kuliah pada kelas digital ini untuk mata kuliah Manajemen Media Massa dengan Dosen Pengampu,
Dr.Muhammad Yahya Mustafa,M.Si.

Perkuliahan yang merupakan ke empat kalinya diikuti 17 mahasiswa menyebar dibeberapa tempat. Kelas digital ini merupakan salah satu inovasi dalam media pembelajaran.

Pembelajaran melalui kelas digital ini seakan mahasiswa, menggenggam kelasnya lewat HP android. Era digital merupakan salah satu bagian dari ciri khas millennial yang tidak lepas dari aplikasi serba online.

Hambatan pada proses pembelajaran digital adalah keterbatasan sarana dan prasarana dimiliki oleh mahasiswa.

Ada beberapa mahasiswa yang belum memiliki pesawat HP android, sehingga agak susah mengakses aplikasi program yang dipakai dalam pembelajaran.

Hambatan lain ketika mahasiswa pulang kampung, kebetulan di kampung tersebut mengalami gangguan jaringan internet dan susah untuk diakses.

Salah seorang mahasiswa peserta mata kuliah ini, Nurhayati menilai dalam mengikuti pembelajaran melalui kelas digital ini menyenangkan karena mendapatkan model pembelajaran yang baru

Tetapi pada sisi lain harus lebih fokus dengan HP/laptop dalam jangka waktu lama yang dapat mengurangi efektivitas kinerja dan kesehatan indera penglihatan,kata alumni SMK Darul Ulum Jeneponto ini.

Dia berharap wabah virus Corona atau Covid-19 yang telah menjadi pandemi dunia dapat segera berakhir, agar sektor pendidikan dan perekonomian dapat berjalan normal lagi seperti sediakala.

By admin

Leave a Reply