UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse resmi melantik dan membuka rapat kerja pengurus Komunitas Aisyiyah Unismuh Makassar (KAUM) Periode 2020 – 2024. Acara dihelat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Rabu 8 Juni 2022.

Acara pelantikan dihadiri Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Ketua KAUM periode lalu Dra Hj Rosleny Babo, M.Si, para dekan, wakil dekan, ketua dan sekretaris prodi se Unismuh Makassar.

Sebelum acara pelantikan diawali dengan sambutan Ketua KAUM periode sebelumnya Dr Rosleny Babo. Dia mengatakan pengurus KAUM yang baru dilantik adalah perempuan-perempuan yang sangat berpotensi untuk mengembangkan Aisyiyah dan Unismuh Makassar.

“Saya melihat pengurusnya adalah rata- rata bergelar doktor yang potensinya sangat besar untuk mengembangkan lembaga dan universitas,”ujar Rosleny.

Rosleny mengakui dalam kepengurusannya banyak program yang belum terlaksana. Ia memohon maaf dan tak lupa pula menyampaikan terimakasih kepada teman teman pengurus dan yakin pengurus yang baru dilantik ini mampu menjalankan program-programnya.

Pidato Iftitah Ketua Baru

Sementara itu dalam pidato iftitah Ketua KAUM yang baru, Dr Ihyani Malik mengutif Qs As- Saff ayat 4, yang terjemahananya, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

“Saya terjemahkan, barisan yang kokoh itu adalah barisan Aisyiyah Unismuh Makassar. Jika kita bersama apa yang tidak bisa. Jika ibu-ibu menggunakan jilbab kuning menggunakan baju hijau, Insyallah banyak hal yang bisa diselesaikan,” tuturnya disambut tepuk tangan hadirin yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ihyani juga menegaskan, siapapun perempuan yang berkhidmat di Unismuh Makassar, baik Dosen maupun karyawan, harus menjadi ‘Aisyiyah. “Ini yang menjadi tugas utama kami Komunitas ‘Aisyiyah. yakni Meng-‘Aisyiyahkan orang-orang yang sudah lama jadi ‘Aisyiyah, tapi tak kunjung ber’Aisyiyah,”tandasnya.

Amanah Rektor

Sementara itu Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse berharap, KAMU turut berperan dalam mewujudkan Unismuh sebagai kampus yang sehat dan Islami.

Merujuk pada Surat As-Saff yang juga dikutip Ketua KAMU, Ambo Asse berpesan agar jangan sampai meninggalkan barisan yang lemah.

“Sudah sangat tepat menyampaikan hal ini dihadapan ibu-ibu karena perannya adalah pendidik utama generasi masa depan, perannya adalah sebagai pendidik utama jangan sampai kita meninggalkan generasi yang lemah,” ungkap Ambo Asse.

Lemah, sambungnya, yakni lemah dalam pemahaman agama, lemah akhlak dan lemah ilmu. “Karena kita berada di Unismuh Makassar, maka semua mahasiswa itu adalah anak-anak kita yang perlu dibina dan diarahkan menjadi anak yang saleh, baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Nakhoda Unismuh yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini berpesan, agar KAUM senantiasa melibatkan keluarga besar Muhammadiyah dalam setiap kegiatan, khususnya dalam pengajian umum. Hal itu bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama menurut paham Muhammadiyah.

“Komunitas ‘Aisyiyah ini kita harapkan ikut mendorong agar bagaimana ibu-ibu ‘Aisyiyah yang ada di Unismuh untuk aktif di cabang dan ranting masing-masing. Kalau ‘Aisyiyah tumbuh dan bangkit di masing-masing cabang dan ranting, maka Muhammadiyah juga ikut tumbuh dan berkembang,” tutup Prof Ambo.

Berikut Susunan Pengurus KAUM Periode 2020-2024

Pembina : Dr Hj Hidayah Quraisy
: Prof Dr dr Hj Suryani As’ad
: Dr Hj Rosleny Babo
: Dra Hj Andi Marliati Bakri M.Sc
: Hj Suryani Ishak Djarre, S.Pd
: Hasnaini Tahir
: Rosdiana Labintang, A. Ma

Ketua : Dr Hj Ihyani Malik
Wakil Ketua I : Dr Hj Andi Khaeriyah Bakri
Wakil Ketua II : Dr Amirah Mawardi
Wakil Ketua III : Dr Ir Hj Nunawati

Sekretaris : Dr Ummi Khaerati Syam
Wakil Sekretaris : Nurkhaerah S.Ip, M.IP
Bendahara : Dr Andi Husniati
Wakil Bendahara: Dr Husnah Latifah

Bidang-bidang:

Bidang Tabligh
Ketua : Dr Nuraini Aziz
Sekretaris : Dra Rajiah Rusydi, M.Pd.I

Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Iptek
Ketua : Dr Ir Nenny, IPM
Sekretaris : Dr Ratna Dewi

Bidang Ekonomi dan Ketenagakerjaan
Ketua : Dr Hj Ruliaty
Sekretaris : Sitti Marhumi, MM

Bidang Kesehatan
Ketua :Dr Andi Weri Sompa,M.Kes, Sp.N (K)
Sekretaris : dr Dzata Bahja, S.Ked

Bidang Kesos, LH dan Penanggulangan Bencana
Ketua : Dr Mumi, M.Si
Sekretaris : Dr Hj Budi Setiawati

Bidang Hukum, HAM dan Hikmah
Ketua : Dr Hj Fatmawati Mappasere
Sekretaris : Dr Nuryanti Mustari

Bidang Pembinaan Kader
Ketua : Dra Jumiati Nur, M.Pd.I
Sekretaris: St Chaerani Djaya, M.Pd.I

Bidang Penelitian dan Pengembangan

Ketua : Prof Dr Dra Munirah
Sekretaris: Dr Hj Syamsiah, M.Si

(Humas Unismuh)

Leave a Reply