UNISMUH. AC. ID, MEKAH – Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) kolaborasi internasional melaksanakan sosialisasi media belajar aquaponik di sekolah Indonesia Makkah, Arab Saudi, Senin, 16 September 2024. Tim PKM kolaborasi internasional itu membahas rencana dan tujuan serta jadwal pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan selama dan setelah pengabdian.

Diketahui, Dosen Unismuh Makassar, Darmawati adalah ketua tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi internasional di sekolah itu. Tiga anggota lainnya ialah Dosen Prodi Agroteknologi, Syamsia, Dosen Prodi Agribisnis, Andi Rahayu Anwar dan satu dosen dari Prodi Crop Production, Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah, Ilmas Abdurofi.

Sebelumnya, Plt. Kepala Sekolah Indonesia Makkah, Mustafa menerima rombongan tim pelaksana pengabdian. Setelah itu, pihak sekolah memberikan gambaran tentang kondisi sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pengabdian.

Setelah itu, tim pelaksana pengabdian menyebut rencana kegiatan itu dibagi menjadi lima tahap yaitu Sosialisasi, Pelatihan, Penerapan Teknologi, Pendampingan dan Evaluasi, dan Keberlanjutan Program. Berhubung tahap pertama telah terlaksana, tim pengabdian akan menyelenggarakan Pelatihan dan Penerapan Teknologi pada Selasa dan Rabu, 17-18 September 2024 di lantai 3 gedung Sekolah Indonesia Makkah.

Nantinya, tim pengabdian akan menyelenggarakan sesi Pendampingan dan Evaluasi secara online dengan melibatkan siswa SMA dan Guru Sekolah Indonesia Makkah untuk melaporkan perkembangan kegiatan penerapan sistem aquaponik di sekolah itu.

Hasil kegiatan sosialisasi pada Senin kemarin memberikan gambaran kepada mitra pelaksana terkait tempat dan waktu pelaksanaan serta siswa yang akan menjadi sasaran kegiatan pelaksanaan kegiatan itu. Berdasarkan informasi dari Plt Kepala Sekolah, kegiatan penerapan teknologi akan berlangsung selama musim dingin dengan harapan memberikan hasil yang optimal.

“Ucapan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Makassar yang telah mendanai kegiatan ini melalui hibah pengabdian kolaborasi internasional tahun anggran 2024,” ujar ketua tim, Darmawati.

Leave a Reply