UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar International Guest Lecture, kegiatan tersebut digelar di Mini Hall FEB Unismuh Makassar, Sabtu, 14 September 2024.

kegiatan tersbut menghadirkan dua narasumber yakni Prof Ts Dr Shafinar Ismail selaku Presiden International Association of Economic and Business (IAEB) sekaligus dosen dari University Teknologi Mara Malaysia, serta Dr. Edi Jusriadi, SE, MM, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar.

International Guest Lecture ini digelar sebagai bagian dari penerapan Tridharma perguruan tinggi, khususnya dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Islamic Business Management and Ethics.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Agusdiwana Suarni SE, MAcc yang hadir mewakili Dekan, menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan langsung dari pemateri internasional.

“Dengan harapan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar dengan IAEB,” ungkapnya.

Sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa lima program studi di FEB Unismuh Makassar yakni Program Studi (Prodi) Manajemen, Prodi Ekonomi Islam, Prodi Ekonomi Pembangunan, Prodi Akuntansi, dan Prodi D-III Perpajakan, serta para dosen dan pimpinan fakultas yang juga merupakan anggota IAEB.

Ditempat yang sama, dalam sesi presentasinya, Prof Ts Dr Shafinar Ismail menyoroti pentingnya Islamic Business Management dan teknik penulisan artikel terindeks.

“Pengelolaan bisnis berdasarkan prinsip-prinsip Islam tidak hanya memberikan keuntungan duniawi, tetapi juga membawa keberkahan dan tanggung jawab sosial,” ungkapnya.

Selain itu, kemampuan menulis artikel yang terindeks di jurnal internasional merupakan keterampilan yang sangat penting bagi akademisi dan profesional dalam bidang ekonomi dan bisnis, guna meningkatkan reputasi ilmiah serta menjembatani hasil penelitian dengan kebutuhan industri global.

Sementara itu, Dr. Edi Jusriadi memaparkan materi mengenai strategi pemanfaatan sumber daya secara optimal untuk meningkatkan performa bisnis. Menurutnya, pengelolaan sumber daya yang tepat, baik dari segi manusia maupun teknologi, merupakan kunci dalam mencapai efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi di dunia bisnis modern.

“Diharapkan, melalui kegiatan International Guest Lecture ini, kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dan organisasi internasional dapat semakin diperkuat, sehingga menciptakan sinergi yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik bisnis di tingkat global,” tutupnya.

Leave a Reply