UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menunda acara orientasi akademik dan kemahasiswaan bagi mahasiswa baru (Maba) Tahun Akademik 2024/2025 untuk tingkat universitas yang sebelumnya dijadwalkan pada 3 September, kini diundur menjadi Kamis, 5 September 2024.

Penundaan ini berlaku pula untuk kegiatan penyambutan maba tingkat fakultas, yang semula dijadwalkan pada 4 atau 5 September, kini diundur menjadi 6 atau 7 September 2024. Sementara itu, acara pengukuhan tetap akan dilaksanakan pada Senin, 9 September 2024.

Acara pembukaan orientasi mahasiswa baru direncanakan akan dibuka langsung oleh Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh, pada Kamis, 5 September 2024.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Panitia Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan Unismuh, Dr Arfah Bas’ah, dalam rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 16 Gedung Iqra Unismuh pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Menurut Arfah Bas’ah, kegiatan Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan untuk mahasiswa baru Unismuh tahun ini akan diselenggarakan secara hybrid, mahasiswa yang berada di Makassar dapat mengikuti luring, sementara yang di daerah dapat mengikuti secara daring.

“Panitia masih membuka pendaftaran untuk mahasiswa yang ingin hadir secara langsung atau melalui online. Kami sangat berharap mahasiswa yang berada di Makassar, dan sekitarnya dapat hadir secara langsung. Namun, bagi yang tinggal di pulau atau daerah jauh, tidak diwajibkan hadir secara langsung dan dapat mengikuti acara secara online,” tambah Dr Arfah Bas’ah.

Penyambutan mahasiswa baru ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Unismuh untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus, mengenal unit kegiatan mahasiswa, serta memahami sistem akademik yang berlaku.

Dalam rapat tersebut turut hadir Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi yang menyarankan agar panitia melibatkan pengurus lembaga kemahasiswaan di tingkat universitas dan fakultas dalam kegiatan ini.

Ia juga menekankan pentingnya mempertegas tata tertib peserta, termasuk pakaian dan perlengkapan yang harus dibawa selama Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan berlangsung.

Adapun pemateri dalam kegiatan penyambutan ini yakni Rektor, Ketua Badan Pembina Harian (BPH), para Wakil Rektor, Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), pimpinan fakultas, serta pengurus lembaga mahasiswa di tingkat universitas dan fakultas.

Leave a Reply