UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pemakalah dari 15 negara akan ikut dalam Konferensi internasional Fisip Unismuh Makassar kerjasama dengan College of Political Science & Public Administration (CPSPA) Polytechnic University of the Phlippines.

Konferensi ini akan membahas 85 makalah dari 120 makalah yang masuk ke panitia, digelar Jumat-Sabtu 23-24 Agustus 2024 di Swiss Belhotel Makassar Pantai Losari serta di Unismuh Makassar.

Konferensi kedua kalinya ini digelar bertajuk International Conference on Sustainablity and Democratic Governance (ICOSDEG), diikuti peserta dari 15 negara di antaranya; Filipina, India, Afrika Selatan, Australia, Hungaria, Pakistan, Nigeria, Botswana, Selandiabaru, Irlandia dan Indonesia.

Kegiatan pembukaan diselenggarakan di Hotel Swiss Belhotel Pantai Losari secara hybrid, lewat daring dan offline. Pada hari kedua Sabtu 24 Agustus dilaksanakan di Lantai 17 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Hal tersebut terungkap dalam rapat panitia pelaksana konferensi Internasional Fisip Unismuh yang dipimpin Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Dr. Andi Luhur Prianto, S.IP, M.Si, Senin 19 Agustus 2024 di Rumah Makan Wong Solo Makassar.

Dijelaskan, kegiatan akademik skala internasional ini sesuai rencana akan dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Dr Ir Rakhim Nanda ST MT IPU.

Peserta konferensi dari Indonesia diantaranya berasal dari kampus terbaik; seperti Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Riau.

Universitas Palangkaraya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ngurah Rai, Universitas Surabaya, UMY, UMSU hingga Unswim Nabire serta PTN/PTKIN dan PTS lainnya.

Konferensi internasional kali ini sekaligus dirangkaikan Workshop Journal Publishing serta pendampingan penulisan pasca konferensi. Makalah peserta didampingi pada seleksi manuskrip sampai layak terbit.

Publikasi luaran konferensi ini diarahkan pada jurnal Frontiers in Politics (Scopus Q1) dan Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan (Web of Science/Sinta 2), jurnal yang dikelola FISIP Unismuh, dan beberapa jurnal Sinta 2 lainnya terkait dengan tema konferensi.

Selama konferensi akan ada pameran buku hasil karya para dosen Fisip Unismuh Makassar serta ada poster poster ringkasan makalah para peserta yang di presentasikan selama konferensi.

Direncakan para peserta yang ikut konferensi secara offline akan dibawa tour wisata ke lokasi obyek wisata Rammang Rammang di Maros dan beberapa lokasi di Kota Makassar.

Di tempat terpisah Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si tambahkan, konferensi internasional ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerjasama sebelumnya antara Unismuh Makassar dengan CPSPA Polytechnic University of the Phlippines.

Sejak dari awal rencana konferensi ini mendapat dukungan dari pimpinan Universitas, LPBKUI dan LP3M serta Kemendikbud lewat Hibah BKII Batch-2 2024, tandas Ihyani.

Konferensi Internasional ini secara reguler dilaksanakan FISIP Unismuh Makassar dan menjadi salah satu agenda mempercepat pencapaian internasionalisasi dalam Visi Unismuh Makassar 2024, ungkapnya.

Pada rapat panitia nampak hadir, Ketua Prodi Ilmu Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, Ahmad Harakan, S.IP, M.Hi; Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Dr Nurwahid, S.Sos, M.Si.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi. Dr.Syukri, S.Sos; Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Negara, Nurbiah Tahir, S.Sos, M.AP, dan para dosen dosen lainya.

Leave a Reply