UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) telah hadir sejak 1993 dan para alumninya melanjutkan studi diberbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di NTT dan di luar NTT.

Termasuk lima alumni yang kini melanjutkan studi di Unismuh Makassar dan dua diantaranya memilih kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi, salah seorang di antaranya Asminanda Pasingringi merupakan Duta Kampus Unismuh 2023.

Demikian ditegaskan Kepala Madrasan Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo , Vera Kartina S.Pd kepada media awal Juli 2024.

Dijelaskan, prestasi telah di capai sekolah yakni Raimuna.Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan diikuti siswa dan siswi mewakili MAN Nagekeo, KSM Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi dan Ekonomi yang masuk 10 besar tingkat Provinsi Di NTT.

Siswi lainnya atas nama Marshanda Saputri ikut dalam Forum Anak Nagekeo (FAN) di selenggarakan Pemerintah Kabupaten Nagekeo, dan sekitar 20 siswa yang ikut serta dalam binaan PLAN menjadi generasi mandiri.

Lainnya atas nama Arzetty Karangaseng alumni Angkatan 2022 meraih juara 2 KSM mapel kimia tingkat Provinsi NTT.

Sementara prestasi diraih guru yakni, salah satunya, Istiana, S.Pd selaku fasilitator daerah untuk mata Pelajaran Fisika. Wahyuni Ramadhan S.Pd dan Sudianto, S.Pd sebagai penulis terbaik kategori Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)

Selain itu ada juga Azizah Tri Rahmania S.Pd sebagai petugas Produk Halal di rekrut langsung oleh Kementrian Agama. Kepala Madrasah sebagaia fasilitator provinsi untuk inklusi.

Kebijakan ini ditempuh dalam upaya meningkatkan sumber daya para guru dengan melakukan beberapa kegiatan seperti; menggiatkan KKG MBMP, group teacher yang dilakukan setiap bulan atau setiap minggu dengan agenda sharing seassion mengenai ilmu serta pengalaman yang di dapat diluar madrasah dan mengikuti webinner atau diklat lainnya.

Tahun ajaran 2024 sekolah menamatkan sekitar 93 siswa. Setiap tahun sekolah mempunyai target menerima siswa baru, sekitar 120 an dalam 4 Jurusan IPA, IPS, Bahasa dan Agama.

Siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi sekitar 30-40 persen dan sisanya melanjutkan untuk tes abdi negara.

Siswa keseluruhan disekolah 103 orang pada 2024, guru tetap 30 orang, PNS 16 guru, honorer 8 guru dan sisanya guru P3K 6 orang, 13 orang diantaranya sudah tersertifikasi guru.

Dari puluhan guru MAN Negekeo beberapa diantaranya adalah lulusan Unismuh Makassar yaitu Hasbil Rena, S.Pd, Hakim Said Mane Tima, S.Pd, dan Halimah Mustafa, S.Pd yang sampai sekarang masih mengajar di MAN Nagekeo.

Mengenal sosok Kepala Madrasah, Vera Kartina, lahir di Jakarta, 21 Maret 1969. sebelum mengabdi di MAN Nagekeo pernah mengajar di beberapa sekolah diantaranya; 2001-2003 Kepsek RA Hidayatullah Atambua, 2003-2016 kepala MIS Hidayatullah, 2017-2022 Kepala MIN Nagekeo. Sejak 2022 hingga saat ini menjabat Kepala Madrasah MAN Nagekeo.

Vera merupakan alumni SMA Negeri 3 Bogor 1988, dan melajutkan pendidikan pada tahun 1990 di IKIP Malang dan mengambil jurusan administrasi pengkantoran yang memiliki jenjang S1 dan lulus 1995.

Laporan: Fina Maisaroh Nur MaulidianaAlumni MAN Nagekeo Flores NTT dan Mahasiswa Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Leave a Reply