UNISMUH.AC.ID, MEDAN– Tim Observatorium Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) melakukan kunjungan studi banding ke Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada hari Rabu (10/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam tentang pengelolaan observatorium yang efektif dan efisien.

Tim Unismuh yang terdiri dari Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, MPd., Dosen Ilmu Falak Alamsyah, SPdI MH., dan Pengelola Observatorium Unismuh Hisbullah Salam, SPd, MH, disambut hangat oleh Kepala Observatorium Ilmu Falak UMSU Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar MA, yang juga merupakan Ketua Prodi Ilmu Falak.

Dalam pertemuan tersebut, Tim OIF UMSU memaparkan tentang manajemen pengelolaan observatorium yang efektif Menurut Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, MA, terdapat empat unsur penting yang harus ada dalam observatorium, yakni Aktivitas Observasi Melakukan pengamatan benda-benda langit secara rutin, Analisis Hasil Observasi Menganalisis data hasil pengamatan untuk mendapatkan informasi ilmiah, Pencatatan Data Observasi yaitu Mencatat dan mendokumentasikan data hasil pengamatan dengan rapi dan sistematis, Kolaborasi Berkolaborasi dengan observatorium lain dan komunitas astronomi untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

“Selain itu, menekankan pentingnya empat pilar dalam pengelolaan observatorium, yakni Sumber Daya Manusia (SDM), Memiliki tim yang kompeten dan terlatih dalam pengelolaan observatorium, Manajemen, Memiliki sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk mengatur operasional observatorium, Kelengkapan Memiliki peralatan dan infrastruktur yang memadai untuk mendukung kegiatan observasi, Pendanaan Memiliki sumber pendanaan yang stabil untuk menunjang operasional observatorium,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Tim Observatorium Unismuh Makassar yang dipimpin oleh Dr Mawardi Pewangi, MPd sangat antusias dengan informasi yang dibagikan oleh tim OIF UMSU, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dan ilmu yang dibagikan oleh tim OIF UMSU.

“Ia bertekad untuk terus mengembangkan Observatorium Unismuh dan menjadikannya sebagai pusat edukasi dan penelitian astronomi di wilayah Sulawesi Selatan.

Kunjungan studi banding ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan Observatorium Unismuh dan menjadikannya sebagai observatorium yang unggul di Indonesia.

Leave a Reply