UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof. Ambo Asse, bersama jajarannya beraudiensi dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kantor Bupati Gowa, Senin, 29 April 2024.

Pertemuan ini dihadiri oleh pejabat dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, serta Direktur Rumah Sakit Syech Yusuf Kab. Gowa.

Sementara Rektor Unismuh didampingi Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Prof Gagarimg Pagalung bersama Wakil Dekan I FKIK Unismuh Dr. dr Andi Weri Sompa,Sp.N (K) dan
Ketua Tim Task Force pembentukan prodi spesialis Kedokteran Emergensi dr Muhammad Ihsan Kitta,M.Kes, Sp.OT (K) dan dr Nurmila, Sp.PD serta dr Muzdalifah, M.Biomed.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Ambo Asse mengungkapkan rencana pembukaan Program Studi Spesialis Emergency Medicine di Universitas Muhammadiyah Makassar, yang menjadi prioritas bagi pihak universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan darurat. Ini akan menjadi program spesialis kedua yang dibuka di Indonesia, setelah Universitas Brawijaya Malang.

Selain itu, Prof. Ambo Asse juga mengumumkan rencana grand opening Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar yang berlokasi di Jalan Tun Abdul Razak, Gowa, yang dijadwalkan pada pekan keempat Mei 2024. Rumah sakit 8 lantai tersebut terlah beroperasi sejak November tahun lalu.

Rektor Unismuh berharap Bupati Gowa bisa hadir dalam acara tersebut dan mengundang seluruh Puskesmas di Gowa agar rumah sakit ini bisa menjadi rujukan utama di daerah itu.

Ketua BPH Unismuh Prof. Gagarimg Pagalung menyatakan bahwa pembukaan prodi spesialis ini merupakan kebanggaan dan harapan besar untuk peningkatan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan.

Sementara itu, Dr. dr. Andi Weri Sompa, Sp.N (K), Wakil Dekan I FKIK Unismuh, menambahkan permintaan kepada bupati untuk mendukung pemberian rekomendasi atau persetujuan dari Kolegium Kedokteran Emergensi Indonesia, agar prodi ini dapat segera dioperasikan tahun ini.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif ini dan mengaku bangga dengan kemajuan Unismuh.

Ia juga berjanji untuk segera menyiapkan rekomendasi yang dibutuhkan untuk mendukung perbaikan fasilitas UGD di Rumah Sakit Syech Yusuf agar memenuhi standar yang diharapkan.

Acara grand opening dan pengembangan prodi spesialis ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan di Gowa dan sekitarnya.

Leave a Reply