UNISMUH.AC.ID, Makassar – Program studi Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fisip Unismuh Makassar menggelar Workshop Penulisan Buku dengan nara sumber dosen Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Rudi Hardi, S.Sos, M.Si, Sabtu 17 Februari 2024 di Mini Hall Lt5 Menara Iqra Unismuh Makassar.

Workshop ini dibuka oleh Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Hj Ihyani Malik S.Sos, M.Si didampingi Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Dr Nur Wahid. S. Sos, M.Si

Pada sambutannya Dr Ihyani Malik merespon positif dengan kegiatan workshop yang digelar Prodi Ilmu. Administrasi Negara karena para dosen diberi motivasi dan inovasi untuk menulis dan menerbitkan buku ajar dan buku teks dalam pembelajaran.

Kegiatan seperti ini ke depan agar semakin sering dilakukan agar para dosen dapat menjadwalkan setiap saat menghasilan karya buku bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan katanya.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Dr Nur Wahid. S. Sos, M.Si menambahkan, workshop ini sangat penting dan bermanfaat dilaksanakan bagi para dosen.

Lewat workshop ini dosen ilmu administrasi negara kelak mampu mendapatkan pengetahuan praktis dalam merancang dan mempersiapkan draft buku serta mencari lembaga penerbitan yang akan menerbitkan, kata penulis buku Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Inovasi Pemerintah.

Peserta pelatihan ini bukan hanya dari dosen Ilmu Administrasi Negara tetapi ada juga dari prodi lainnya.

Tujuan utama Program Studi IAN Unismuh adalah melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran yang berwawasan Islam dan Kemuhammadiyahan serta tata kelola digital dalam sektor publik.

Prodi IAN ini juga bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki akhlakul karimah dan kecakapan dalam pemanfaatan informasi dan teknologi dalam urusan publik.

Para lulusan juga akan aktif dalam penelitian terkait manajemen dan kebijakan publik serta administrasi kepegawaian, dengan fokus khusus pada etika administrasi publik dan tata kelola digital.

Program Studi IAN Unismuh Makassar juga telah menerima sertifikat International Organization Standardization (ISO) 21001–2018 pada 30 Agustus 2023.

Kekuatan sumber daya manusia, Prodi IAN telah mengukir prestasi dengan 25 dosen terdaftar di PDPT, termasuk 2 Guru Besar, 19 dosen dengan gelar doktor, dan tiga dosen yang tengah mengejar gelar doktor di berbagai universitas, termasuk di Palermo Italia, Universitas Brawijaya, dan UNM.

Prodi IAN Fisip Unismuh Makassar terus berkomitmen menjadi pemimpin dalam kajian etika dan tata kelola digital serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan sektor publik secara keseluruhan.

Prestasinya yang gemilang dan komitmen yang kuat adalah cerminan dari semangat untuk terus maju dan berinovasi dalam dunia pendidikan tinggi, katanya.

Leave a Reply