UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan Kuliah Pakar bersama Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi hasil riset dosen dan mahasiswa, dengan dukungan dari BRIN.

Kegiatan ini digelar di Lantai II Gedung Menara Iqra Unismuh Makassar, Senin, 19 Februari 2024. Acara ini dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof. Ambo Asse. Pembukaan diawali dengan pengajian oleh Wakil Rektor IV, Dr. Mawardi Pewangi.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Unismuh Makassar dan BRIN.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Program Pascasarjana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib menyampaikan bahwa idealnya riset bukan sekadar ditumpuk dalam perpustakaan, tetapi menghasilkan sebuah inovasi.

“Oleh karena itu, mari kita mendengarkan secara seksama kegiatan ini, sehingga nantinya kita dapat mengetahui titik masuknya dimana. Penelitian membutuhkan dana, dan apa yang disampaikan oleh pemateri merupakan sebuah hal yang sangat penting, baik itu dosen dan mahasiswa. Khususnya mahasiswa yang menjalankan studi S3. Saat ini mahasiswa S3 belum mendapatkan beasiswa tetapi ada peluang untuk mendapatkan beasiswa tugas akhir,” ungkapnya.

Nakhoda Pascasarjana Unismuh Makassar ini menjelaskan bahwa hanya saja riset yang bagus dan mempunyai dampak inovasi yang dapat didanai oleh BRIN.

“Melalui kuliah hari ini, disamping mendapatkan inovasi tentang bagaimana meningkatkan riset dan publikasi ilmiah, juga bagaimana membiayai kegiatan tersebut, dan mendapatkan celah dari BRIN untuk mendpatkan dana penelitian,” ungkap Irwan.

Rektor Unismuh Makassar, Prof. Ambo Asse, menyatakan kebutuhan untuk memahami peran BRIN dalam mengumpulkan dan mendanai riset. Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi dengan BRIN untuk mempersiapkan proposal penelitian yang efektif.

“Hari ini kita akan menggelar penandatanganan kerja sama agar kolaborasi kita dapat berjalan dengan baik,” ungkap Ambo Asse.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan riset dan publikasi ilmiah, serta memperoleh pembiayaan dari BRIN. Ini menandai langkah penting dalam meningkatkan kualitas riset dan kolaborasi antara Unismuh Makassar dan BRIN.

Turut hadir pula Wakil Rektor II, Prof Andi Syukri Syamsuri, Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Dr Arif Muhsin, dan Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Dr Nasrun. Acara diikuti para dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Leave a Reply