UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat kepada segenap sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar atas pencapaian akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu disampaikan Haedar melalui video testimoni yang ditayangkan dalam acara Silaturahmi Sivitas Akademika Unismuh, yang dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin, 12 Februari 2024.

Haedar Nashir mengungkapkan bahwa akreditasi unggul tersebut merupakan hasil dari perjuangan panjang Unismuh sejak berdiri pada tahun 1963.

“Akreditasi unggul ini merupakan hasil perjuangan yang tidak ringan, tapi dari tahap demi tahap sejak awal berdirinya sampai sekarang,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa perkembangan Unismuh Makassar tidak lepas dari kinerja rektor dari periode ke periode.

“Saya tahu bagaimana perkembangan Unismuh dari periode ke periode, mulai dari Kiai Djamaluddin Amin, kemudian Prof Irwan Akib yang sekarang jadi Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan, dan sekarang dipimpin Prof Ambo Asse,” pungkas Nakhoda Muhammadiyah itu.

Haedar juga menyebut, pencapaian Unismuh bukan hanya kebanggaan warga Muhammadiyah dan masyarakat Sulawesi Selatan, melainkan kebanggaan secara nasional.

Haedar Nashir menjelaskan bahwa bersamaan dengan akreditasi unggul ini tersimpan juga amanat untuk menjadikan kampus Unismuh Makassar tetap unggul ke depan. “Biasanya mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraihnya,” tuturnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga mengungkapkan bahwa Unismuh Makassar merupakan pilar penting Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Kawasan Timur Indonesia.

“Unismuh harus berdiri di garda terdepan, jadi selain unggul dalam aspek Catur Dharma, juga harus berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mengangkat marwah dan martabat persyarikatan sekaligus juga menjadi pilar strategis membangun peradaban bangsa dan negara,” jelasnya.

Ia menyampaikan harapannya, agar Unismuh Makassar tidak hanya memiliki keunggulan dari segi akademik tetapi juga menampilkan keunggulan sebagai perguruan tinggi yang melahirkan generasi ulul albab, generasi islam berkemajuan.

Pesan Irwan Akib

Testimoni yang disampaikan Haedar Nashir melalui video, diperkuat dalam amanah yang disampaikan secara langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang membidangi pendidikan, kebudayaan dan olahraga Prof Irwan Akib.

Ia menyebut, bahwa pencapaian akreditasi Unggul Unismuh sebenarnya merupakan bagian dari cita-cita sejarah yang telah dipikirkan sejak tahun 1920.

Irwan menyebut, Ketua Bagian Pendidikan dan Pengajaran saat itu, Haji Hisyam, dalam suatu rapat telah mengungkapkan visinya untuk mendirikan universitas yang megah, unggul dan berkemajuan.

Meskipun Muhammadiyah, kata Irwan, telah memiliki 172 PTMA, namun saat ini baru 9 yang telah terakreditasi Unggul. “Alhamdulillah, Unismuh kampus pertama di Kawasan Timur Indonesia, dan kampus kedua di luar Jawa, setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia mengingatkan, bahwa capaian ini bukan sekadar sertifikat akreditasi, melainkan keunggulan dalam semua aspek, yang tercermin dalam perilaku keseharian seluruh sivitas akademika.

“Misalnya, pada aspek pelayanan, jangan sampai ada karyawan masuk jam 9 pulang jam 10, sehingga pelayanan kepada mahasiswa tidak berjalan lancar,” ungkap Irwan.

Dalam kegiatan ini, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagarinh Pagalung menyampaikan sambutan, sementara Rektor Unismuh menyampaikan beberapa tonggak pencapaian Unismuh sejak berdiri hingga saat ini. Termasuk visi Unismuh menjadi Edupreneur University pada tahun 2044.

Acara yang dikemas semi formal ini dihadiri ratusan sivitas akademika, dari kalangan dosen, karyawan serta mahasiswa. Panitia juga menyiapkan ratusan door prize, serta aneka hidangan ringan hingga berat.

Leave a Reply