UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof Andi Sukri Syukri sekaligus mewakili rektor resmi melepas mahasiswa program BKM MBKM di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh, Rabu 7 Februari 2024.

Mahasiswa yang dilepas akan mengukuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan pembicara utama, Manajer Pertukaran Mahasiswa Merdeka Mas Rajib Khafif Arruzi, SSI, MSC dan Manajer Kampus Mengajar Mba Heggy Kearens, SPsi.,M.Si.,M.Sc.

Ketua LP2AI Dr Nasrun, S.Pd, M.Pd melaporkan mahasiswa yang mengikuti Program BKP- MBKM Unismuh Makassar terbagi tiga kelompok, pertama, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebanyak 66 mahasiswa, kedua, Program Kampus Mengajar sebanyak 295 mahasiswa, serta ketiga y kolom Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 25 mahasiswa.

Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri dalam sambutannya, mengatakan kegiatan bimtek dan pelepasan mahasiswa yang mengikuti program pembelajaran merdeka belajar kampus merdeka dibagi menjadi tiga bentuk kegiatan.

Pertama adalah pertukaran mahasiswa. Kedua, magang di sekolah dan ketiga magang dan studi independen bersertifikat.

Dari tiga program ini, Prof Andi Sukri Syamsuri menegaskan beberapa pesan, bahwa ada hal yang harus dijaga, pertama diri anda, kedua mahasiswa membawa nama besar Unismuh sekaligus nama besar Muhammadiyah dan ketiga adalah pertama saya ingatkan pada mahasiswa bahwa anda itu membawa tiga yang pertama bawa diri anda, kemudian membawa nama besar unismuh makassar dancketiga adalah membawa program pemerintah.

Terkait tugas yang diemban ini Andi Sukri berharap kepada mahasiswa untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggungjawab, karena kegiatan ini bukan ekstra tapi ini adalah bagian dari proses studi yang mereka laksanakan selama kuliah di unismuh makassar, hanya diberi kesempatan diluar prodi mereka dan diluar perguruan tinggi Unismuh, sehingga itu yang kita harapkan.

Dari program ini juga mahasiswa akan mendapatkan pengalaman sehingga lebih bisa mematangkan diri mereka, dan yang lebih penting lagi khusus yang magang di sekolah, saya titip pesan untuk mempromosikan kampus Unismuh Makassar, dimana saat ini Unismuh sekarang itu sudah terakreditasi unggul.

Capaian akreditasi unggul masih kurang perguruan tinggi yang mendapatkannys dan Alhamdulillah Unismuh sudah mendapatkan nilai akreditasi unggul dari BAN-PT.

” Ini yang saya harapkan kepada anak-anak mahasiswa Unismuh yang melakukan program kegiatan belajar, Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan kita tentu berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan kepercayaan kepada unismuh makassar untuk menjalankan amanah pemerintah ini yang merupakan program besar dari kementerian pendidikan,” tutup Prof Andi Sukri Syamsuri.

Sementara itu,Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung, dalam amanah menyampaikan kepada mahasiswa untuk menjalankan peran mereka sebagai duta Unismuh dengan baik, mengutamakan interaksi yang positif dan memanfaatkan usia mereka dengan hal-hal yang bermanfaat.

Acara ini tidak hanya sebagai momentum pelepasan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempromosikan Unismuh Makassar yang telah meraih akreditasi unggul.

Kampus ini diharapkan dapat terus dikenal baik di dalam maupun di luar sebagai pilihan terbaik bagi calon mahasiswa baru.

Kegiatan bimtek dan pelepasan program pertukaran kampus merdeka Unismuh diisi pengajian oleh Wakil Rektor IV Dr KH Mawardi Pewangi. Hadir sejumlah wakil dekan dan dosen pendamping.

Leave a Reply