UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan persyarikatan dalam momentum Milad ke-111 Muhammadiyah Sulsel.

Dalam acara yang digelar di Gedung Balai Sidang Muktamar ke-47 Unismuh pada 26 November 2023, dua tokoh yang dihargai atas jasa-jasanya adalah MS Abubakar Malinta dan KH Muchtar Waka MA.

Penganugrahan tersebut diberikan langsung oleh Ketua PWM Sulawesi selatan Prof Ambo Asse. Turut menyaksikan Sekretaris PWM Sulsel, Dr Rakhim Nanda, dan unsur Pimpinan PWM Sulsel serta Dr Iqbal S. Suhaeb MT mewakili PJ Gubernur Sulsel yang juga adalah Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan

Ketua PWM Sulsel, Prof Ambo Asse, menekankan bahwa penghargaan tersebut bukanlah pengakuan satu-satunya terhadap kontribusi dalam membangun Muhammadiyah.

Ketua PWM Sulsel yang juga adalah Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, mengapresiasi dedikasi Dr Abubakar dalam pembinaan dan pengembangan Muhammadiyah di Palopo dan Sulawesi Selatan.

Dikatalan Dr Abubakar telah secara konsisten memberikan perhatian terhadap persyarikatan, bahkan menyumbangkan asetnya untuk kepentingan Muhammadiyah.

Dikatakan, disamping dia sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Luwu dan pada waktu itu belum terbagi menjadi Luwu Utara, dan Palopo, Abubakar Malinta memimpin persyarikatan Muhammadiyah, dan setelah beliau memimpin tidak pernah luput dari pembinaan dan pengembangan.

“Akhir-akhir ini banyak sekali harta yang telah diserahkan kepada persyarikatan Muhammadiyah, beliau memiliki kebun kurma dan rumah yang ada di Antang, Makassar diserahkan kepada persyarikatan untuk dijadikan rumah Tahfizh,” ungkapnya.

Sementara itu, penghargaan juga diberikan kepada Ustadz Muchtar Waka yang dikenal aktif dalam pembinaan pondok pesantren.

Prof Ambo menuturkan bahwa keterlibatan aktifnya dalam Muhammadiyah telah terlihat jelas, bahkan dalam kesempatan tersebut, ia datang sebagai undangan khusus tanpa mengenakan seragam Hizbulwathan.

Melalui momen perayaan Milad ini, PWM Sulsel ingin menegaskan apresiasi mereka terhadap kontribusi besar tokoh-tokoh yang telah berperan aktif dalam kemajuan persyarikatan Muhammadiyah di Sulawesi Selatan.

Leave a Reply