UNISMUH.AC.ID, Tokyo, Jepang – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) dan Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) Tsukuba University, Jepang, telah resmi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) pada hari Senin, 20 November 2023, di Tokyo.

Dalam acara tersebut, Dr. Agustan, Sekretaris Divisi Penelitian LP3M Unismuh Makassar, mewakili Unismuh dan Prof. Masami Isoda, Direktur CRICED Tsukuba University, menandatangani MoA, yang sebelumnya telah disahkan oleh Rektor Unismuh Prof. Ambo Asse.

MoA ini juga melibatkan beberapa institusi, antara lain Universitas Papua, Universitas Jambi, SMP IT Mentari Ilmu Karawang, SMA Mentari Ilmu Karawang Indonesia, DIT Mentari Ilmu Karawang, dan berbagai lembaga pendidikan lainnya.

Dalam dokumen MoA, disepakati semangat kerjasama akademik antara CRICED dan Unismuh, mencakup tujuh fakultas. Kedua lembaga sepakat untuk berkolaborasi dalam pertukaran akademik dan penelitian, termasuk proyek penelitian kolaboratif, pertukaran tenaga peneliti dan pengajar, serta kolaborasi dalam konferensi akademik.

Rincian terkait anggaran, hak, dan tanggung jawab akan dijelaskan terpisah sebelum dimulainya setiap proyek atau kegiatan pertukaran akademik. MoA ini memiliki masa berlaku selama empat tahun, dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri setelah periode tersebut. Sebuah langkah signifikan untuk memperkuat kemitraan dan mendukung pengembangan akademik kedua lembaga.

Leave a Reply