UNISMUH.AC.ID MAKASSAR– Muh Arwan merupakan Mahasiswa Ma’had Al Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mendapatkan penghargaan sebagai pembina terbaik dalam kegiatan Kompetisi Olimpiade Nusantara Islamic 2023.

Kegiatan terebut digelar oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Jenderal Soedirman dan Lembaga Bina Prestasi Nusantara (LBPN).

Dalam kesempatan tersebut Muh Arwan menyampaikan bahwa Olimpiade Nusantara Islamic Tahun 2023 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Lembaga Bina Prestasi Nusantara (LBPN) untuk mendukung siswa/i dan mahasiswa belajar, berkompetisi dan berprestasi. 

“Olimpiade Nusantara Islamic menjadi sarana evaluasi kemampuan untuk mengembangkan kualitas sesuai ajaran agama Islam. Kompetisi ini diselenggarakan untuk mendukung visi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek yaitu mewujudkan 500.000 talenta unggul Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa kompetisi ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh siswa dan mahasiswa berpartisipasi dan merasakan iklim kompetisi tingkat nasional, sehingga tercipta iklim pendidikan nasional yang berdaya saing global.

“Kompetisi ini juga dibuat sebagai persiapan KSM Kabupaten, Provinsi atau nasional didukung dengan prediksi soal dan sistem perlombaan yang sesuai kompetisi tingkat nasional. Pelaksanaan dilakukan secara Daring/Online melalui Website Noodle,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Arwan menjelaskan bahwa Saya hanya memanfaatkan media sosial saya sebaik mungkin terutama Instagram dengan memfollow akun yang menyediakan informasi Lomba, kemudian saya mengikuti rangkaian ketentuan dan persyaratan agar sya bisa lulus seleksi.

“Alhamdulillah, bangga bisa membawa 11 orang santri deri Pesantren Al Amin Batam, tempat saya mengabdi dan berhasil menjadi pembina terbaik dalam ajang nasional tersbeut dan bisa menyumbangkan prestasi dan menjadikan Unismuh Makassar sebagai Pencetak Juara Islam dalam kegiatan tersebut. Bahkan salah satu kompetitor saya juga merupakan salah satu mahasiswa yang sedang berkuliah di Al Azhar Cairo Mesir,” tuturnya.

Sementara itu, Zainal Abidin, SH, MH sebagai Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Ma’had Al Birr Unismuh Makassar mengatakan bahwa Muh Arwan adalah salah satu mahasiswa pengabdian angkatan kedua yang ditempatkan di Pesantren Al Amin Batam yang beberapa bulan lau kami antarkan langsung ke Lokasi Pengabdian di Batam.

“Tentu kami bersyukur karena para mahasiswa pengabdian bisa memaksimalkan perannya di tempat pengabdian, dengan terus berfikir kreatif, inovatif dan mengabdi secara totalitas, sehingga mereka  bisa membawa nama baik Ma’had, Prodi, Fakultas dan Kampus Unismuh Makassar dengan berbagai macam program-program di lokasi pengabdian mereka masing masing,” pungkasnya.

Leave a Reply