UNISMUH.AC.ID MAKASSAR – Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih medali perak dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah ‘Futuristics and Prestige Research, Technology, and Art’ (FAPERTA FAIR 4).

Kompetisi tersebut berlangsung pada 28-29 Oktober 2023 di Universitas Dhyana Pura, Bali. FAPERTA FAIR 4 adalah inisiasi dari Yayasan Sentosa Foundation yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa mengembangkan inovasi dan kreativitas melalui karya tulis ilmiah.

Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As’ad, menyambut baik pencapaian tersebut dengan menyatakan.

“Prestasi ini merupakan cerminan dari dedikasi dan kerja keras mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang inovatif. Ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki mahasiswa dalam mengatasi tantangan kontemporer dengan solusi yang kreatif dan ilmiah,” ujarnya di kampus Unismuh, Jumat, 2 November 2023.

Prof Suryani menambahkan bahwa prestasi itu bukan hanya tentang meraih medali, tetapi juga tentang proses belajar, kreativitas, dan kontribusi nyata mahasiswa terhadap peningkatan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. “Ini adalah awal yang bagus untuk lebih banyak prestasi kedepannya,” jelasnya.

Tim karya tulis ilmiah FKIK Unismuh diketuai oleh Miftahulfahra Maulani Indri berhasil lolos ke babak final dengan karyanya yang berjudul “Go Less Waste Application sebagai Wadah Ekonomi Kreatif Masyarakat Tunawisma Berbasis Ekonomi Digital dalam Menghadapi Persaingan Global guna Menyongsong Indonesia Emas 2045.”

Karya tersebut membawa pandangan akan pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung kreativitas ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

Miftahulfahra Maulani Indri, sebagai ketua tim, berbagi kesan. “Kami senang dapat berkontribusi dengan ide-ide inovatif yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Kami bersyukur atas capaian ini dan berharap bahwa prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi dalam dunia ilmiah,” ungkapnya.

Dengan lebih dari 250 karya yang dikirimkan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, partisipasi dari Universitas Muhammadiyah Makassar menunjukkan komitmen dalam memajukan pengetahuan dan kreativitas mahasiswa dalam kancah ilmiah.

Leave a Reply