UNISMUH. AC. ID MAKASSAR – Reza Nur Fitriani mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGA) Cilacap.

Dia memilih Prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unismuh Makassar sebagai lokasi Pertukaran Mahasiswa pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun Akademik 2023/2024.

Reza panggilan akrabnya, Sabtu 28 Oktober 2023 di Gedung LPTQ Sulawesi Selatan mengatakan, pilihan program pertukaran mahasiswa ke Unismuh Makassar karena ingin merasakan perkuliahan di luar Pulau Jawa sehingga Unismuh menjadi kampus yang tepat untuk melaksanakan PMM.

Alasan lain memilih Unismuh Makassar menurut gadis kelahiran Kota Cilacap 14 November 2004, karena ingin merasakan bagaimana kuliah di kampus Muhammadiyah serta ingin menambah dan merasakan perbedaan yang ada di Muhammadiyah ataupun NU.

Belajar di kampus NU ataupun kampus Muhammadiyah terkesan sama saja, ungkapnya.

Alumni SMAN 1 Binangon Jawa Tengah ini sejak 8 September 2023 sudah tiba di Kota Makassar dan telah mengikuti 5 kali pertemuan perkuliahan dalam ruang kelas.

Suasana pembelajaran di Unismuh Makassar menurut anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan (HMPS) FEB UNUGA ini sangat menyenangkan karena dosen yang sering berinteraksi dengan mahasiswa dan tidak kaku ketika mengajar.

Sistem pembelajaran di Unismuh Makassar sangat menyenangkan walaupun awalnya takut karena banyak perbedaan, syukurnya selama di sini diperlukan dengan baik” jelasnya.

Bagi Reza yang menjalani masa kecil di Cilacap berharap setelah menjalani pertukaran mahasiswa ini akan lebih serius dalam pembelajaran.

Selama di Kota Makassar, anak ke dua dari tiga bersaudara ini telah mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Daeng ini serta telah banyak menikmati makanan khas di Sulsel seperti Jalangkote, Coto Makassar, pisang epe dll.

Reza berharap kegiatan PMM akan terus berlanjut agar dapat memberi pengalaman baru kepada teman yang mungkin belum berkesempatan mengikuti pmm dan dapat merasakan perkuliahan di Unismuh Makassar.

Laporan: Jeni Anici Pulungan
Mahasiswi Komunikasi UNISA Yogyakarta Peserta Pertukaran Mahasiswa di Unismuh Makassar

Leave a Reply