UNISMUH .AC.ID MAKASSAR – Jika tak ada aral melintang, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menggelar Soft Opening Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar yang akan dilaksanakan pada Kamis 9 November 2023.

Rumah Sakit PKU Unismuh terletak di Jl. Tun Abd Razak Kabupaten Gowa. Dengan demikian, RS ini sudah mulai menerima pasien sejak tanggal tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pembukaan Rumah Sakit Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, Rabu, 1 November 2023, usai mengikuti Rapat Persiapan Pembukaan Rumah Sakit.

“Sementara Grand Opening baru akan dilakukan pada akhir November, menunggu kepulangan Bapak Bupati Gowa yang mengikuti Diklat di Lemhanas,” tambah Prof Andis, sapaan akrab Ketua Panitia, yang juga Wakil Rektor II Unismuh Makassar itu.

Ditambahkan dalam Grand Opening RS PKU Unismuh akan ada penandatanganan kerjasama dengan sejumlah Puskesmas, Rumah Sakit serta BPJS.

Rapat persiapan pembukaan Rumah Sakit dipimpin langsung Rektor Unismuh Prof Ambo Asse. Rapat ini dihadiri Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, Bendahara Badan Pembina Harian Unismuh Dr Saleh Molla, Direktur Prof Syarifuddin Wahid, dan Ketua Dewan Pengawas RS Dr Muhammad Syaiful Saleh dan Anggota Dewan Pengawas Dr Darwis Lantik. Turut hadir seluruh panitia baik dari Unismuh maupun karyawan RS PKU Unismuh.

Fasilitas Rumah Sakit Unismuh

RS PKU Muhammadiyah Unismuh saat ini telah berdiri kokoh di Jl Tun Abdul Razak, jalan poros Hertasning Baru.

Prof Ambo Asse mengatakan bahwa RS ini akan memiliki dua fungsi nantinya. Rumah sakit ini akan melayani masyarakat dan menjadi RS Pendidikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh.

RS PKU Unismuh terdiri dari 7 lantai dengan fasilitas yang lengkap. Lantai 1 merupakan ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Didalamnya terdapat 4 ruangan yakni Tindakan Bedah, Observasi Bedah, Resusitasi dan Observasi. Di Lantai 2, ada ruang pelayanan umum untuk pendaftaran, informasi maupun rekam medik.

Selain itu ada juga Ruang Radiologi, X-Ray, Pemeriksaan USG dan Laboratorium. Ruangan Poliklinik berada di lantai tiga bangunan ini.
Terdapat 24 jenis poli tersedia. Di lantai yang sama, ada Ruang HCU, Isolasi ICU dan VIP ICU.

Ruang perawatan kelas 1, 2, dan 3 berada di Lantai empat Rumah Sakit ini. Selain itu, juga ada Ruang Obgin terdiri dari Ruang NICU, HCU, Tindakan, Delevery dan VIP Delevery.

Satu tingkat diatasnya, kembali ruang perawatan kelas 1, 2 dan 3 tersedia. Bedanya, menemani ruang perawatan, ada ruang OK terdiri dari Bedah Umum, Minor dan Mayor Dilantai 6 juga masih terdiri dari ruang perawatan kelas VIP, serta kelas 1, 2 dan 3. Lantai terakhir, diisi Ruangan perwatan VVIP dan VIP

Leave a Reply