UNISMUH.AC.ID, BANTAENG – Rayakan hari sumpah pemuda, mahasiswa Kuliah Kerja Pengabdian (KKP) angkatan 27 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar adakan sharing session.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Peran Gen z di Era 5.0’ yang dihelat di Kantor Kelurahan Ereng-ereng, Bantaeng, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Sharing session ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKP Fisip di Kelurahan Ereng-ereng Kecamatan Tompobulu Bantaeng.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Ereng-ereng yang diwakili oleh staf lurah yakni Mashudi, juga hadir pula Koordinator Kabupaten Bantaeng Muh. Arfiansyah Aris

Sasaran perayaan hari sumpah pemuda yang digelar oleh mahasiswa Unismuh ini yakni Remaja dari Mts dan MA Muhammadiyah Ereng-ereng.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini yakni salah satu mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Fani Herawaty Syahid Salihun.

Dalam pembukaannya, Mashudi mengatakan bahwa kegiatan ini memang di perlukan untuk membuka wawasan terutama pada remaja.

“Kegiatan ini sangat baik terutama bagi remaja-remaja seperti di sekolah Mts dan MA Muhammadiyah Ereng-ereng,” pungkasnya.

Dalam materinya, Fany mengatakan bahwa pemuda saat ini sangat berperan penting dalam negara.

“Generasi muda sebagai pemegang peran strategis penerus pembangunan negara, memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi era 5.0 yaitu sebagai agen perubahan,” urainya.

Ia juga menguraikan dampak positif di era 5.0 yakni koneksi dan akses informasi lebih mudah, inovasi dan kewirausahaan

Pendidikan yang lebih maju dengan menggunakan teknologi seperti penggunaan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Fani juga memaparkan dampak negatif yang diperoleh dari era 5.0 seperti ketergantungan terhadap teknologi, mudahnya penyebaran informasi palsu.

“Juga dampak dari cybercrime dimana perundungan siber yang mengacu pada semua jenis pelecehan dan pembullyan online,” jelasnya.

Peserta juga sangat antusias dalam kegiatan ini karena mendapatkan hadiah bagi siswa yang aktif dalam kegiatan sharing session tersebut.

Leave a Reply