UNISMUH.AC.ID MAKASSAR- Pimpinan Komisariat (Pikom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pembukaan Darul Arqam Dasar (DAD) di rangkaikan Juga dengan Kuliah Tamu di Balai sidang lantai 2 Unismuh Makassar, Sabtu 21 Oktober 2023.

Pembukaan tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan kampus dan lembaga se-Unismuh Makassar, serta lebih dari 300 mahasiswa baru dari 3 gelombang DAD dan 4 program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syari’ah, Pendidikan Bahasa Arab, dan Bimbingan Konseling serta Pendidikan Islam.

Dalam sambutan Ketua Umum PIKOM IMM FAI, Abdurrahman menjelaskan bahwa IMM mempunyai tiga Trilogi yang harus melekat pada diri.

Yang pertama Intelektualitas, kader IMM harus menjadi akademisi Islam yang berahlak mulia sesuai dengan tujuan IMM itu sendiri yaitu menciptakan akademisi Islam yang berakhlak mulia guna mencapai tujuan Muhammadiyah.

Kedua, Keagamaan atau spiritualitas yaitu pemahaman dan pendalaman keislaman harus terjemahan dalam kehidupan menjadikan IMM sebagai contoh bagi Organisasi Islam dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lainnya.

Ketiga, Kemasyarakatan atau humanitas harus menjadi spirit semangat untuk terus bekerja dan berusaha untuk memajukan masyarakat yg Madani yaitu masyarakat beradab dan berilmu, Jelasnya.

Maka Pikom IMM FAI mengusung tagline Madani dengan tema “Internalisasi Nilai Trilogi dan Trikompetensi Dasar IMM Menuju Kader Madani”, yang mencerminkan masyarakat yang beradab, berilmu, dan maju dalam teknologi, serta menekankan bahwa pimpinan komisariat harus mampu memberikan terobosan baru yang berdampak Positif bagi kemaslahatan seluruh bangsa” Tutupnya.

Sementara itu Ketua Umum PC IMM Kota Makassar, Elbu Bachtiar, berharap calon kader IMM dapat memberikan perbedaan dalam aktivitas mereka sebelum dan setelah menjadi mahasiswa.

“Sejak saya mengenal IMM pada tahun 2017, saya tidak pernah melihat IMM mengajarkan hal yang mengarah ke sesatan. Sebaliknya, IMM selalu mengarahkan kita kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Oleh karena itu, untuk menjadi bagian manusia yang menyebarkan dakwah Amar ma’ruf nahi mungkar, terutama di IMM,langkah konkret pertama adalah dengan mengikuti proses DAD, yang kemudian akan diikuti oleh adik-adik peserta”, Ujarnya.

Sambutan terakhir oleh Dr. Amirah Mawardi mengatakan bahwa pembukaan dad kali ini adalah pembukaan termegah yang pernah dihadiri.

“silakan jalani proses yang ada, mulai dari kepanitiaan, hingga menjadi orang-orang hebat. dan saya sekarang sebagai dekan pernah berproses seperti saat ini dan dad adalah sumbangsih terbesar hingga saya menjadi seorang dekan di fakultas agama Islam”, tuturnya.

Leave a Reply