UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Rombongan Tim sosialisasi Mahasiswa Baru (Maba) dan Visi-misi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bertandang ke beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baru-baru ini, Tim sosialisasi menyambangi enam titik, baik sekolah maupun lembaga struktural pemerintahan, pada Kamis, 14 September 2020.

Tim sosialisasi itu terdiri dari beberapa orang guru besar, sisanya adalah Ketua Program Studi (Kaprodi) pada Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Tim itu ialah Kaprodi S3 Pendidikan Agama Islam (PAI) Prof Bahaking, Kaprodi Magister Bahasa dan Sastra Prof Munirah, Kaprodi Magister Pendidikan Sosiologi Kaharuddin, dan Kaprodi Magister Ilmu Administrator Publik Fatmawati.

Dari beberapa titik kunjungan yang telah direncanakan, Tim Sosialisasi bertandang pertama ke Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dibawah naungan Muhammadiyah Kabupaten Pangkep.

Tim Sosialisasi menyampaikan kepada para guru di sekolah agar melanjutkan jenjang pendidikan S2 di Unismuh Makassar.

Terhitung, sebanyak 20 guru mengikuti sosialisasi dengan seksama. Adapun pertemuan itu difasilitasi oleh Kepala Sekolah Nurbaiti, yang telah berstatus alumni Pascasarjana.

Selanjutnya, Tim Sosialisasi menyambangi salah satu Pendidikan Tinggi di Kabupaten Barru. Kedatangan Tim disambut baik oleh Sekretaris Prodi S1 Administrasi Publik STIA Algazali Barru.

Lalu, Tim diberi kesempatan untuk menyosialisasikan Program Pascasarjana Unismuh dan bertempat Aula Kampus. Kurang lebih 100 orang Mahasiswa hadir dan mengikuti sosialisasi.

Tim kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Utara wilayah Sulsel. Mereka lalu bertandang ke Kantor Bupati Pinrang.

Kedatangan Tim disambut baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Irwan Hamid. Suasana perjamuan dipenuhi keakraban dan berbagai diskusi akadamik.

Pertemuan itu berujung pada kesiapan Pemkab Pinrang menjalin kerja sama. Dalam waktu dekat, tim sosialisasi dan Pemkab Pinrang akan melakukan perjanjian kerja sama, baik Memorian of Understanding (MoU) maupun Letter of Acceptance (LoA).

Setelah itu, Tim sosialisasi bergeser menuju salah satu institusi pendidikan milik persyarikatan. Masih di Kabupaten Pinrang, Tim mendatangi Sekolah ‘Aisyiyah Boarding School.

Kedatangan Tim itu diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Fatimah Muin. Saat berdiskusi, Fatimah mengaku akan mengarahkan guru-guru yang ada di sekolahnya itu untuk melanjutkan karir pendidikan.

“Nanti, akan saya rekomendasikan kepada para guru di sekolah ini, agar mereka meningkatkan kompetensi dengan cara lanjut S2 di Unismuh Makassar,” ujar Fatimah.

Bukan tanpa alasan, Fatimah akan mengambil langkah itu dengan alasan paham kualitas pendidikan di Unismuh Makassar. Diketahui, dirinya adalah salah satu alumni dari kampus biru itu.

Berikutnya, Tim sosialisasi menyasar Kantor Departemen Agama (Kandepag) Pinrang. Kedatangan Tim ini disambut langsung oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) TU.

Selain itu, juga turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Munta.

“Sedianya, pertemuan ini diterima langsung oleh Kepala Kantor (Kakan) Kemenag, hanya saja, beliau sedang mengikuti agenda penting di luar kota,” ujar Munta.

Tim Sosialisasi lalu diberi kesempatan untuk menyosialisasikan Prodi Pascasarjana dan S3 Unismuh Makassar. Para peserta sosialisasi yang juga stakeholder Kandepag merespon positif penyampaian Tim.

Terakhir, Tim Sosialisasi mengunjungi Pesantren Darul Punnia Pinrang. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Andi Syamiluddin.

Dalam pertemuan yang tak berlangsung lama, proses tanya jawab antara Tim Sosialisasi dan Guru di sekolah itu berlangsung khidmat

Beberapa orang guru memberi respon positif, beberapa diantaranya mengaku tertarik untuk melanjutkan pendidikan pada Pascasarjana di Unismuh Makassar.

Leave a Reply