UNISMUH.AC.ID, GOWA – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bersama Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Gowa telah sukses menggelar Semarak HUT ke-78 RI. Acara ini berlangsung di Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Ahad 20 Agustus 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Pupuk Silaturahmi Dengan Kebersamaan Refleksi HUT RI”, menjadi momen penting untuk mempererat hubungan antara HMJ, anggota Aisyiyah, dan warga sekitar.

Semarak HUT ke 78 RI digelar dalam bentuk lomba kreatif. Berbagai kompetisi ini tidak hanya menghadirkan keceriaan, tetapi juga mengajak partisipan untuk menggali lebih dalam nilai-nilai dan cinta pada tanah air.

Di langit, balon-balon berwarna-warni menghiasi langit sebagai bagian dari lomba balon. Para peserta dengan tekun dan hati-hati mengisi balon-balon tersebut, menciptakan panorama indah yang menggambarkan semangat kebersamaan dalam perayaan ini.

Selaon itu, peserta lainnya juga menunjukkan semangatnya dalam lomba menghapal Pancasila. Dengan antusiasme yang membara, mereka berlomba untuk mengingat setiap sila dan nilai yang menguatkan dasar negara.

Tak ketinggalan, suara merdu lagu-lagu kebangsaan mengisi udara dalam lomba menyanyi 17 Agustus. Dengan penuh rasa, para peserta menghadirkan nuansa haru yang mampu membangkitkan cinta pada tanah air.

Dan dalam lomba kardus, para peserta merancang replika monumen dan bangunan bersejarah dari bahan sederhana tersebut. Karya-karya ini tidak hanya mencerminkan kreativitas, tetapi juga mengingatkan akan nilai-nilai bersejarah dan pentingnya menjaga warisan budaya bangsa.

Beberapa tokoh penting hadir dalam acara tersebut, termasuk Hasrah MPd Selalu sebagai Ketua PDA Kabupaten Gowa, Mardiana Uddin L, SAg sebagai Pembina Pusat Kegiatan Belajar (PKBM), serta Dr. Abdul Fattah, SThI MThI sebagai Ketua Prodi PAI Unismuh.

Dalam sambutannya, Ketua PD Aisyiyah Gowa, Hasrah MPd, mengungkapkan rasa terharunya melihat antusiasme mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan binaan terhadap anak-anak warga sekitar Desa Bontoala. Dia berharap kegiatan semacam ini dapat meningkatkan semangat anak-anak untuk lebih baik dalam pendidikan.

Mardiana Uddin L, SAg, sebagai Pembina PKMB Aisyiyah, juga mengungkapkan kegembiraannya atas sinergi yang terjalin antara Aisyiyah dan HMJ Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memberikan pembinaan kepada anak-anak. Dia berharap kolaborasi ini terus berlanjut untuk memberikan manfaat bagi anak-anak di Desa Bontoala.

Abdul Fattah, SThI MThI, Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar, menganggap sinergi antara Aisyiyah dan HMJ PAI sebagai bentuk kerjasama yang apik dan luar biasa. Ini sesuai dengan semangat Muhammadiyah, di mana keberadaan kita harus dirasakan bermanfaat, terutama bagi warga sekitar.

Ketua Umum HMJ PAI Fakultas Agama Islam Unismu Makassar, Fathurrahman, menyampaikan bahwa meskipun sudah 78 tahun merdeka, banyak di antara adik-adik mereka yang belum merasakan kemerdekaan sepenuhnya. Kesejahteraan mereka yang tinggal di pinggiran Sungai Je’neberang masih belum tercapai. Oleh karena itu, HMJ PAI memberikan wadah bagi mereka untuk bereksplorasi melalui kegiatan semacam ini.

Fathurrahman menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan rutin yang dilakukan bersama Ibunda PKBM Aisyiyah Setempat. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk merajut kembali kebersamaan dan membangun sinergi silaturahmi, serta memberikan dukungan kepada bakat dan karya anak bangsa.

Leave a Reply