UNISMUH.AC.ID, YOGYAKARTA – Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) meraih prestasi gemilang di tingkat nasional dalam ajang Lomba National Essay Competition (NEC) 2023.

Lomba itu mengangkat tema “Optimalisasi Ide, Inovasi, dan Kreativitas Generasi Muda Menuju Indonesia Emas”. Acara dihelat Institute Pertanian Stiper (INSTIPER), Yogyakarta pada 19-20 Agustus 2023.

Dalam perlombaan tersebut, tim dari Unismuh Makassar berhasil menyumbangkan prestasi cemerlang dengan meraih tiga penghargaan. Agung Winardi, mahasiswa jurusan akuntansi, berhasil meraih peringkat ketiga pada kategori Lomba Essay Nasional Bidang Sosial Ekonomi. Sedangkan Sarman dan Rezki Anggreni, juga mahasiswa jurusan akuntansi, berhasil meraih penghargaan pada kategori Lomba Essay Nasional Bidang Pariwisata & Budaya, serta menjadi Favorit Poster pada bidang yang sama.

National Essay Competition (NEC) adalah kompetisi nasional yang terbuka bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, ajang tersebut diadakan di Institute Pertanian Stiper Yogyakarta dan terdiri dari tiga cabang perlombaan, yakni Lomba Essay, Lomba Favorit Poster, dan Lomba Kreativitas Video.

Agung Winardi, salah satu anggota tim pemenang, menjelaskan bahwa proses perlombaan ini melibatkan seleksi daring untuk penyisihan awal, di mana 64 tim berhasil lolos menjadi finalis dalam delapan bidang yang berbeda.

Setelah itu, dilakukan tahap final yang mencakup penilaian Favorit Poster dan Kreativitas Video, yang kemudian diakumulasikan dengan nilai dari penyisihan awal untuk menentukan pemenang.

Dengan persiapan yang matang selama beberapa bulan, Agung Winardi, Sarman, dan Rezki Anggreni berhasil mengatasi tantangan dalam mengikuti perlombaan secara luring. Meskipun mengalami kendala pendanaan, mereka tetap mendapat dukungan dari pemerintah daerah asal mereka, fakultas, dan universitas. Penghargaan berupa sertifikat dan piala menjadi bukti nyata prestasi mereka.

Menurut Sarman, delegasi mahasiswa dalam kompetisi nasional adalah bagian dari program pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Dia berharap agar pimpinan kampus lebih mendukung mahasiswa berprestasi, memotivasi mereka untuk tetap berkarya dan mengharumkan nama kampus melalui prestasi-prestasi di berbagai ajang kompetisi.

Leave a Reply