UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ikatan Arsitek Indonesia Sulawesi Selatan (IAI Sulsel) mengadakan pertemuan khusus dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Prof Ambo Asse, di Ruang Rektor, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Jumat, 18 Agustus 2023.

Dalam silaturahmi tersebut, rombongan IAI Sulsel terdiri dari Fahmyddin A’raaf Tauhid, Rosady Mulyadi, Aziza Pusparanti, dan Andi Muhammad Ikhsan.

Sementara Rektor Unismuh didampingi Wakil Dekan I Fakultas Teknik Syafaat S Kuba dan Ketua Prodi Arsitektur Unismuh Citra Amalia.

Audiensi ini dilakukan dalam rangka mempererat kerja sama antara IAI Sulsel dan Unismuh Makassar, khususnya dalam bidang pendidikan dan penelitian arsitektur. Kedua belah pihak menyampaikan komitmen mereka untuk berkolaborasi demi meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur dan memajukan industri kreatif di Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unismuh menyampaikan bahwa Program Studi Arsitektur Unismuh Makassar telah meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Prestasi ini menegaskan komitmen Unismuh dalam menyediakan pendidikan arsitektur berkualitas tinggi di Sulawesi Selatan.

Poin utama yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut yakni persiapan pembukaan program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) di Unismuh Makassar.

Prof Ambo Asse mengungkapkan antusiasmenya terhadap inisiatif tersebut. “Saya harap ide ini bisa segera diwujudkan, agar alumni-alumni kita bisa berkualifikasi pendidikan profesi arsitek, sehingga dapat lebih cepat terserap ke dunia kerja,” harap Ambo.

Sejak tahun 2005, IAI telah mendorong terbentuknya Pendidikan Profesi Arsitek di Perguruan Tinggi yang memiliki prodi Arsitektur. Beberapa kampus yang telah membuka pendidikan profesi tersebut antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI),Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Leave a Reply