UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Studium Generale dan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dengan Shigeru Suganami, M.D., Ph.D., Presiden Association of Medical Doctors of Asia (AMDA).

Kegiatan dihelat di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh, Kamis, 3 Agustus 2023.

Rektor Unismuh Prof. Ambo Asse dan Shigeru Suganami menandatangani MOU tersebut, yang menjadi penanda kolaborasi antara lembaga pendidikan dan AMDA dalam bidang penelitian dan pengembangan di sektor kesehatan.

Acara penting ini juga dihadiri oleh Chairman AMDA Indonesia Prof Husni Tanra, dan Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhin Nanda.

Penandatanganan MOU ini menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Indonesia, serta menjalin kerjasama yang lebih erat antara universitas dan organisasi medis internasional.

“Kolaborasi ini akan membawa banyak peluang untuk kemajuan dalam bidang kesehatan, dan kami berharap akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat,” kata Prof. Ambo Asse.

Sementara itu, Shigeru Suganami dalam pengantarnya menyebut, selain mendirikan AMDA, ia juga merupakan pendiri Asian Medical Student’s Association (AMSA). Oleh karena itu, kolaborasi AMDA dan AMSA bisa terus bekerja sama dan bermanfaat bagi sesama.

Ia memberi pesan khusus kepada para mahasiswa, agar rajin mengikuti kegiatan kerelawanan, sehingga mendapat banyak pengalaman. Hal itu, katanya, akan sangat bermanfaat jika mahasiswa menjadi dokter kelak.

Ia menekankan prinsip gotong royong dalam aktivitas organisasi itu. “Gotong royong dapat diaplikasikan didalam kehidupan dimanapun di dunia ini,” ungkapnya.

Diketahui, AMDA dan AMSA selama ini sering terjun sebagai relawan dalam berbagai bencana.

Sementara Kedokteran Unismuh mengusung penciri ‘kegawatdaruratan’, sangat sejalan dengan sepak terjang AMDA dan AMSA selama ini.

Leave a Reply