UNISMUH.AC.ID, KUALA LUMPUR, MALAYSIA – Sebanyak 25 mahasiswa dan 10 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar mengikuti program Kuliah Kerja Profesi (KKP) internasional di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa, 18 Juli 2023.

Kegiatan ini juga turut bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) untuk membuka kesempatan membangun jaringan kontak internasional, Kuala Lumpur, Jumat, 21 Juli 2023.

Program KKP ini dilakukan di dua Negara yakni Malaysia dan Singapura.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya perguruan tinggi untuk memberikan pengalaman kerja praktis kepada mahasiswa dalam lingkungan internasional.

Salah satu mahasiswa KKP internasional Wawan, mengungkpakan perasaannya terkait kegiatan yang diikutinya.

“Saya sangat antusias mengikuti KKP internasional ini. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk memperluas wawasan saya tentang dunia luar hingga jejaring Internasional dan melihat budaya lain yang berbeda,” ujarnya.

Program KKP internasional ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami lebih dalam tentang profesi yang diminati dan menentukan langkah selanjutnya dalam karier mereka. Di samping itu, juga menjadi langkah nyata dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi warga global yang siap bersaing di tingkat internasional.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan menciptakan lulusan yang berdaya saing di tingkat global, SIKL berharap bahwa program KKP internasional ini akan menjadi salah satu langkah strategis dalam mencapai visi dan misi pendidikan mereka.

Salah satu Mahasiswa KKP internasional Rabiatul Adawiyah, mengatakan bahwa Melalui KKP ini dapat memberikan manfaat.

“Melalui KKP internasional di SIKL juga memberikan manfaat bagi hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Dengan anggota mahasiswa dan dosen pendamping yang turut serta secara langsung dapat memperkuat kerjasama pendidikan dan budaya di antara kedua Negara,” paparnya.

Ketua tim KKP Internasioanl Agusdiwana Suarni SE MAcc, mengatakan bahwa kegiatan kerja sama ini dapat mempererat hungun antara kedua belah pihak.

“Dengan mengadakan program KKP internasional, kami berharap dapat mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia serta menghadirkan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk membangun persahabatan lintas negara serta membuka cakrawala berpikir mahasiswa lebih luas lagi, ungkapnya.

Program ini juga mendapat dukungan positif dari berbagai pihak, termasuk pihak FEB Unismuh Makassar maupun SIKL dan pihak lain yang berwenang di Malaysia. Kegiatan kerja sama ini juga membuka kesempatan untuk membangun jaringan kontak internasional. Jaringan ini dapat membantu mahasiswa dalam mencari peluang kerja global atau kemitraan bisnis di masa depan.

Diharapkan bahwa melalui KKP internasional ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga yang akan membawa dampak positif dalam perjalanan akademik dan karier mereka di masa depan.

Leave a Reply