UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) nya, menyelenggarakan program Seminar Keperempuanan bertajuk nasional pada hari Jumat, (28/7/2023).

Acara ini berlangsung di Balai Sidang Lantai 2 Unismuh Makassar dengan tema, “Peran dan Paradigma Kepemimpinan Perempuan dalam Berbangsa dan Bernegara”. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Wakil Dekan III FKIP Unismuh Makassar, Muhammad Akhir, MPd, dan Presiden Mahasiswa Unismuh Makassar, Ahmad Rafiq.

Sejumlah tokoh perempuan nasional diundang menjadi narasumber dalam seminar ini, termasuk Dr. Ulfah Mawardi, MPd, Staf Khusus Menteri PPPA Bidang Anak, dan Prof. Dr. Munirah MPd, Akademisi FKIP Unismuh Makassar. Acara ini dipandu oleh moderator Rijal Djamal SS, MSi, CPT, tokoh pemuda Sulsel.

Seminar dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKIP Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Akhir, M.Pd. Ketua Umum BEM FKIP Unismuh Makassar, Muh Awaluddin Faturrachman, menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai respons terhadap pembacaan kritis dan hasil diskusi internal tentang pentingnya peran dan adaptasi perempuan sebagai agen perubahan.

Menurut Awaluddin, perempuan harus mampu menjawab tantangan bangsa dan negara melalui keterlibatannya dalam dunia Pendidikan, Sosial, dan Kemahasiswaan. Diharapkan, seminar ini dapat memfasilitasi pemahaman antara laki-laki dan perempuan dalam menghargai keberadaan perempuan sebagai entitas penting.

Wakil Dekan III FKIP Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Akhir MPd, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia yang telah memaksimalkan persiapan kegiatan, serta menunjukkan rasa terharunya melihat antusiasme peserta yang membludak.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa internal Unismuh Makassar, serta lembaga internal dan eksternal kampus lainnya. Sekitar 300 peserta dari berbagai universitas di Makassar turut menghadiri seminar ini.

Leave a Reply