UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar menggelar Haflah Akhirussanah (Wisuda) untuk 198 mahasiswa binaan Asrama Ma’had Al-Birr. Acara berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, lantai 2 Gedung Balai Sidang Muktamar, Selasa 25 Juli 2023.

Zainal Abidin, SH, MH, selaku Kepala Bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), Asrama, dan Kerjasama Ma’had Al-Birr Unismuh, melaporkan bahwa peserta Haflah Akhirussanah berasal dari tiga prodi integrasi, yaitu Ahwal Syakhshiyah, Komunikasi, dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh.

Menurut Zainal Abidin, Haflah Akhirussanah adalah acara tahunan Asrama Ma’had Al-Birr yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan pembinaan selama satu tahun di asrama. Acara tersebut juga mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas pencapaian berbagai prestasi akademik dan non-akademik di tingkat internasional, nasional, dan daerah.

Sebagai bentuk penghargaan kepada mahasiswa binaan, Ma’had Al-Birr menyediakan penginapan gratis selama dua tahun di asrama Unismuh untuk enam mahasiswa berprestasi. Hal ini diharapkan dapat memotivasi mereka untuk tetap konsisten dalam menjalankan ajaran Islam.

Wakil Rektor IV Unismuh, Dr. KH Mawardi Pewangi, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Ia menyoroti penilaian Unismuh sebagai kampus Islami terbaik di PTMA seluruh Indonesia, yang tidak lepas dari kedisiplinan, kebersihan, dan keindahan yang tercermin dari mahasiswa Ma’had Al-Birr. Mawardi berharap lulusan wisuda dapat tetap menjaga konsistensi dalam keislaman mereka dan tidak terpengaruh oleh godaan setan.

Sementara itu, Dr. Amirah Mawardi, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh, memberikan apresiasi kepada mahasiswa atas prestasi akademik dan non-akademik yang telah dicapai selama satu tahun pembinaan dan pembelajaran.

Unismuh meraih citra sebagai kampus Islami terbaik berkat kontribusi Ma’had Al-Birr, PUT, dan Pesmadina dalam mencetak kader persyarikatan berkualitas.

Hadir dalam acara Haflah Akhirussanah ini berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Rektor IV, Dekan FAI, para wakil dekan, Direktur Ma’had Al-Birr, Direktur PUT, Direktur PTMA, serta para pembina Ma’had Al-Birr Unismuh. Ketua Asosiasi Pengelola Asrama Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah seluruh Indonesia, Dr. Irwan Baadillah, juga ikut serta melalui telekonferensi.

Leave a Reply