UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan menggelar rapat kerja nasional di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir akan membuka rakernas itu pada Kamis, 27 Juli 2023. Haedar tiba di Makassar sehari sebelumnya, pada 26 Juli 2023 petang.

Tidak hanya Haedar, sejumlah jajaran Kabinet Indonesia Bersatu juga akan hadir dalam rakernas itu. Kehadiran mereka untuk membawakan materi dalam rapat kerja itu.

Ketua panitia, Abd. Rakhim Nanda mengungkapkan, hingga hari ini, ada 3 menteri dan 1 wakil menteri yang mengonfirmasi akan hadir. Mereka adalah Wakil Menteri ATR/ BPN Raja Juli Antoni, Menteri BUMN Eric Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Rakhim memaparkan, Raja Juli akan membawakan materi Peran Kader Muhammadiyah dalam Dinamika Keumatan dan Kebangsaan. Diketahui, Wamen ATR/ BPN merupakan kader Persyarikatan, Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah Periode 2000–2002.

Eric Thohir akan membawakan materi Peningkatan SDM dalam Kemajuan Pembangunan Bangsa melalui Dunia Usaha.

Menteri lainnya, Zulkifli Hasan akan menyampakan materi Restorasi SDM Unggul untuk Kemandirian Ekonomi Kader. Diketahui, Zulhas juga merupakan Ketua Lembaga Buruh, Tani, dan Nelayan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Periode 2000–2005.

Sementara itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy juga akan membawakan materi sekaligus menutup Rakernas MPKSDI. Muhadjir menutup rakernas dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Rakhim melaporkan, rakernas ini akan mendatangkan pengurus MPKSDI dari 34 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) se-Indonesia.

Hingga hari ini, kata dia, sudah ada sejumlah PWM yang melaporkan akan mengutus 4 orang peserta sebagaimana permintaan, ada juga yang hanya 2, bahkan 1 orang.

“Ditambah 17 orang Pengurus MPKSDI PP MUhammadiyah. Hingga hari ini sudah ada 66 orang peserta yang terdaftar,” kata dia.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat bersama panitia lokal yang dihelat pada Senin, 24 Juli 2023 di Lantai 16 Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar.

Wakil Rektor 1 Unismuh Makassar itu memastikan, pihaknya akan berupaya memberikan layanan terbaik bagi setiap peserta dan hadirin Rakernas. Terlebih, rakernas ini akan menghadirkan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Leave a Reply