UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pertemuan persiapan audit eksternal dokumen sertifikasi ISO 21001:2018. Pertemuan dilaksanakan pada Rabu, 5 Juli 2023, di Balai Sidang Muktamar Lantai 3, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse turut hadir memberikan motivasi dan pengarahan kepada segenap sivitas akademika yang terlibat dalam menyambut audit eksternal ISO tersebut.

Hadir Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, tim Badan Penjaminan Mutu (BPM), para Pimpinan Badan dan Lembaga tingkat Universitas. Hadir pula para Dekan, Wakil Dekan, Gugus Kendali Mutu Fakultas, dan para Ketua Prodi. Pertemuan dipandu Sekretaris BPM Dr Amrullah Mansida

Audit Eksternal ISO 21001:2018 oleh lembaga sertifikasi TUV Rheinland, bakal dilaksanakan pada Senin – Rabu, 10-12 Juli 2023. Audit tersebut merupakan tindaklanjut dari audit internal yang telah dilakukan beberapa waktu lalu oleh tim auditor Unismuh Makassar.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse mengungkapkan, sertifikasi ISO bagi perguruan tinggi menjadi rujukan keunggulan perguruan tinggi. “Jika akreditasi internasional ISO 2100:2018 berhasil dicapai, maka dapat menambah nilai signifikan untuk sertifikasi AIPT unggul Unismuh Makassar,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar semua tim yang terlibat dalam sertfikasi ISO tersebut, dapat mempersiapkan diri secara maksimal, khususnya menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Sementara itu, Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda berharap agar semua unit kerja harus siap diaudit oleh Tim ISO. “Meskipun nanti, unit yang diaudit dilakukan secara random, tapi semua unit harus menyiapkan diri, agar kita bisa meraih hasil maksimal,” ungkapnya.

Ia meminta agar setiap unit fokus menindaklanjuti temuan dari hasil audit internal. “Perbaikan dari hasil audit internal itu yang akan dicek pada saat audit eksternal. Jadi pertemuan hari ini, bersifat penyegaran, hal apa yang perlu dipersiapkan,” tambah Rakhim Nanda.

Pertemuan diakhiri dengan optimisme, Unismuh bakal meraih sertifikat ISO 210001:2018, sebagai tahapan menuju akreditasi institusi unggul pada tahun 2024 mendatang.

Leave a Reply