UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Administrasi Negara dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) menggelar kegiatan Donor Darah, Rabu 14 Juni 2022.

Kegiatan Donor Darah ini digelar berkat kerjasama antara Prodi Ilmu Administrasi FSIP dan UKM KSR PMI Unismuh Makassar.

Rahmat yang merupakan salah satu Mahasiswa Ilmu Administrasi Fisip Unismuh Makassar mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan ini merupakan tugas akhir mata kuliah Publik Relation yang kemudian mereka komunikasikan bersama Prodi untuk diadakannya efent Donor Darah ini yang bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia.

“Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah satu kelas yang beranggotakan 35 orang yang berada di semester 6 dan di bantu dari UKM KSR PMI UNIT 114 Unismuh Makassar,” ungkapnya.

Rahmat yang juga merupakan ketua Tingkat Prodi Ilmu Administrasi Negara menjelaskan kegiatan ini merupakan aksi dalam membantu orang yang membutuhkan darah apalagi pasien rumah sakit yang akhir-akhir ini semakin meningkat pasien yang kurang darah.

“Proses kegiatan ini telah di sosialisasikan sebelumnya, baik melalui penyebaran pamflet maupun penyebaran gambar melalui sosial media,” jelasnya.

Rahmat menuturkan dengan ini masyarakat akan tahu bahwa kampus Unismuh Makassar sering melaksanakan kegiatan kemanusiaan seperti Donor Darah.

“Dengan harapan bahwa, banyaknya pendonor yang datang baik itu dari kalangan mahasiswa, tenaga pendidik maupun masyarakat sekitar, melihat kondisi saudara kita yang berada di rumah sakit sangat kesulitan mencari pendonor. Selain untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, aksi donar darah ini juga bermanfaat untuk diri kita sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan KSR PMI Unit 114 Unismuh Makassar Tamrin menyampaikan bahwa dari jumlah peserta pendaftar 102 orang dan yang lolos sekitar 48 orang.

“Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Administrasi Negara merupakan pemenuhan tugas akhir kuliah bentuk kegiatannya yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu bentuk kegiatan Sosial,” katanya.

amrin menambahkan kegiatan ini juga digelat sekaligus dalam rangka memperingati hari donor sedunia yang jatuh pada 14 juni.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan darah yang dimiliki oleh UTD PMI Kota Makassar, bahkan, seringkali ada permintaan darah, namun di setiap UTD di Makassar masih sangat kurang,” Pungkasnya.

***

Leave a Reply