UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh belum lama ini melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya pergaulan bebas.

Kegiatan sosialisasi ini bekerja sama dengan Mts Bani Rauf yang terletak di Jalan Yusuf Bauty, Paccinongang, Kecamatan Somba Opu.

Kegiatan sosialisasinya, mahasiswi memberikan materi kepada peserta.

Istilah pergaulan dapat didefinisikan sebagai interaksi sosial yang terjadi antara seseorang dengan individu lain atau kelompok masyarakat pada umumnya.

Pergaulan dapat terjadi dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Namun, menurut para mahasiswi Unismuh, pergaulan bebas merupakan bentuk interaksi sosial yang menyimpang, melampaui batas moral, aturan, dan rasa malu.

“Remaja mengalami fase pencarian identitas, mencoba berbagai hal, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, ketika terjerumus ke dalam lingkungan yang salah, mereka rentan terjebak dalam pergaulan bebas,” ujar salah satu mahasiswi.

Mahasiswi tersebut menjelaskan bahwa ada delapan faktor penyebab pergaulan bebas.

Faktor-faktor tersebut antara lain rendahnya tingkat pendidikan keluarga, keluarga broken home, kondisi ekonomi keluarga, kurangnya pemahaman agama, penyalahgunaan internet, pengaruh lingkungan, kurangnya kontrol diri, dan gaya hidup.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa ciri-ciri pergaulan bebas, seperti perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan, dan bertambahnya tanggung jawab yang dihadapi. Beberapa individu bahkan mungkin mencari harta dan uang dengan cara yang salah, keji, dan haram.

Untuk mencegah pergaulan bebas, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil, salah satunya adalah memberikan pendidikan sejak dini.

Anak-anak sebaiknya diperkenalkan dengan hal-hal yang positif sebanyak mungkin. Selain itu, penting untuk membentuk karakter yang positif dan memilih lingkungan pertemanan yang saling mendukung.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan remaja dapat lebih memahami bahaya pergaulan bebas dan menghindari dampak negatif yang ditimbulkannya.

Mahasiswi Unismuh Makassar berkomitmen untuk terus menyebarkan kesadaran akan pentingnya menjaga pergaulan yang sehat dan bertanggung jawab dalam kalangan remaja.

Leave a Reply