UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali ditunjuk sebagai Pelaksana Wirausaha Merdeka (WMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Hibah Program WMK Unismuh Makassar, yang juga Wakil Rektor II, Prof Andi Sukri Syamsuri, di ruang kerjanya, Gedung Iqra Lantai 16, Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 15 Juni 2023.

Program wirausaha merdeka tahun 2023 melibatkan 34 perguruan tinggi dengan menargetkan sebanyak 12.000 mahasiswa ikut dalam program tersebut. Berbagai kampus terkemuka di Indonesia menjadi pelaksana program ini, antara lain Universitas Indonesa, UGM,

Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh, menjelaskan program ini diberikan selama satu semester penuh kepada mahasiswa untuk belajar tentang kewirausahaan.

“Tahun lalu program ini dilaksanakan di 17 perguruan tinggi, diikuti sekitar 10.000 mahasiswa. Kebetulan tahun lalu, Unismuh membina sekitar 1000 mahasiswa, baik dari Unismuh maupun puluhan kampus lainnya,” jelas Andis.

Kesuksesan Unismuh sebagai pelaksana WMK mendapat apresiasi dari Kemdikbudristek, dengan pemberian penghargaan sebagai Pelaksana WMK terbaik dari segi kepatuhan administrasi.

Warek II Unismuh ini menambahkan, prestasi ini merupakan kado bagi Milad 60 Unismuh Makassar, yang akan diperingati pada Senin, 19 Juni 2023.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras teman-teman tim, Dr Nasrun, Dr Hartono, dan tim lainnya,” ujar Andis.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menyampaikan rasa syukur atas pencapaian tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan salah bukti pengakuan dari Pemerintah bahwa Unismuh berhasil melakukan pembinaan kewirausahaan.

“Alhamdulillah, kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting yang dikembangkan dalam kurikulum di Unismuh Makassar. Program ini akan lebih memperkuat pembinaan kewirausahaan yang kami kembangkan selama ini,” tutup Ambo Asse.

***

Leave a Reply